logo rilis

Kiat-kiat Jaga Kesehatan saat Puasa
Kontributor
Ning Triasih
21 Mei 2018, 11:28 WIB
Kiat-kiat Jaga Kesehatan saat Puasa
ILUSTRASI: LifeCare Advocates

RILIS.ID, Jakarta— Bagaimana puasa Anda hari ini? Apakah lancar atau ada kendala lantaran kesehatan kurang prima?

Ya, menjaga kesehatan terlebih saat berpuasa itu penting dan wajib hukumnya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan saat berpuasa? Berikut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berbagi tipsnya untuk Anda:

Berhenti Merokok

Saat berpuasa, Anda harus menahan lapar, haus , termasuk merokok selama kurang lebih 13 jam per hari. Itu berlangsung selama sebulan penuh. Jika Anda bisa tidak merokok selama 13 jam, mengapa tidak bisa jika berhenti seterusnya?

Berbuka dengan Manis Alami

Ada anjuran, saat berbuka, dahulukan dengan yang manis-manis. Tapi, manis alami lho ya! Bukan manis buatan alias tanpa gula. Bisa dengan air kelapa atau kurma.

Minum 8 Gelas Air

Agar kesehatan tetap terjaga saat puasa, tubuh harus terhidrasi dengan baik. Minumlah delapan gelas air per hari, dengan urutan setelah bangun sahur, saat sahur, saat berbuka puasa, setelah salat magrib, setelah salat isya, setelah salat tarawih, setelah makan malam dan sebelum tidur.

Olahraga Ringan 30 Menit

Puasa bukan penghalang untuk berolahraga.  Justru, olahraga saat puasa akan menjaga daya tahan tubuh Anda. Lakukanlah olahraga atau aktivitas fisik ringan selama 30 menit. Misalnya dengan joging, bersepeda atau sekadar jalan-jalan keliling kompleks. Membersihkan rumah juga bagian dari olahraga lho.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)