logo rilis

Kiat Indonesia Menjadi Negara Besar Menurut Menteri Susi
Kontributor

20 April 2018, 21:39 WIB
Kiat Indonesia Menjadi Negara Besar Menurut Menteri Susi
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berkeyakinan, Indonesia akan menjadi negara besar. Syaratnya, kerja keras sesuai perkembangan teknologi.

"Kita harus berlari. Tidak bisa lagi pelan-pelan lagi," ujarnya pada seminar "Peran Perempuan dalam Pengembangan Budaya Hukum" di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Apalagi, imbuh pembantu Presiden kelahiran Pangandaran itu, pertumbuhan penduduk semakin naik serta era digitalisasi kian melebar. "Job-job konvensional akan hilang, karena digitalisasi. Mesinisasi akan semakin terus berkembang," bebernya.

Karenanya, Susi berharap, perguruan tinggi mengkaji kurikulumnya untuk diubah. Karena, tak mungkin menerapkan kurikulum 5-10 tahun silam. "Ini harus menjadi PR para akademisi," katanya.

Dia mendorong demikian, lantaran Indonesia akan menghadapi bahaya besar bila tak memiliki persiapan dan membuat barier safety.

"Mungkin saya terlalu cemas. Tetapi, saya betul-betul mengimbau para akamedisi pakar di universitas untuk memulai menyiapkan tenaga terdidik," serunya.

Susi pun meminta semua pihak menjaga tatanan demokrasi. Begitu pula soal ketetapan dan kepastian hukum. Jika hukum sampai dipermainkan, tatanan sosial negara bakal hancur berkeping-keping.

"Hukum menjadi pilar yang penting, karena hukum adalah ciri civil society. Jika maju, biasanya kepastian tatanan hukumnya baik. Jika tidak, maka niscaya tidak ada etika," tutup peraih gelar doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro Semarang ini.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)