Home » Ragam

Keunggulan Aceh hingga Sempat Jadi Daerah Istimewa

print this page Kamis, 7/12/2017 | 12:44

Potret kota Aceh. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Jika menengok Aceh ke belakang, 7 Desember menjadi hari penting bagi provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatra tersebut. Ya, momen kala Aceh disebut sebagai Daerah Istimewa dari sejak 1959 sampai 2001 silam.

Lalu apa saja keunggulan Aceh hingga pernah menjadi Daerah Istimewa?

Dihimpun dari berbagai sumber, inilah alasan mengapa provinsi paling barat di Indonesia itu sempat disebut sebagai Daerah Istimewa.

Agama

Aceh sangat kental dengan agama Islam yang dianut oleh hampir seluruh penduduknya. Islam dan Aceh solah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Penduduk di sana selalu memegang teguh norma-norma agamanya. Hal inilah yang membuat Aceh begitu sulit ditaklukkan Belanda pada masa penjajahan.

Aceh dianggap sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia dan berperan penting dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara. Pada abad ke-17, Kesultanan Aceh adalah negara terkaya, terkuat dan termakmur di kawasan Selat Malaka.

Adat dan Budaya

Selain kental dengan agamanya, Aceh juga sangat kaya akan budaya. Aceh memiliki tradisi unik, mulai dari pernikahan hingga kematian, serta perayaan-perayaan keagamaan lainnya. Tak terkecuali seni budaya yang sampai dikenal di mancanegara, seperti Tari Saman yang ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia tak benda. Pengakuan internasional ini tentu membuktikan jika adat istiadat serta seni budaya Aceh bernilai tinggi.

 

 

A post shared by yudha dharma (@yudha.d.s) on

 

Pendidikan

Pendidikan juga menjadi faktor mangapa Aceh pernah jadi Daerah Istimewa. Pasalnya, masyarakat di sana terkenal cerdas. Hal itu dipengaruhi oleh proses pendidikan yang berlangsung di setiap sisi kehidupan penduduk Aceh.

Sayang, Aceh kini bukan lagi disebut sebagai Daerah Istimewa sejak 2001 lalu. Namanya kemudian berubah menjadi Nanggroe Aceh Darussalam sampai 2009, dan berubah lagi menjadi Aceh hingga sekarang.

Penulis Ning Triasih

Tags:

Acehdaerah istimewa