logo rilis
Ketua MPR Desak Kemenkes Distribusi Alat Medis ke Setiap RS
Kontributor
Nailin In Saroh
05 Maret 2020, 18:35 WIB
Ketua MPR Desak Kemenkes Distribusi Alat Medis ke Setiap RS
Ketua MPR Bambang Soesatyo. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk segera mendistribusikan kelengkapan peralatan medis ke semua rumah sakit (RS). Pasalnya, ditengah merebaknya penyakit virus corona jumlah alat medis di RS beberapa daerah masih mengalami kekurangan. 

“Terutama kelengkapan untuk membuat ruang isolasi. Serta harus memastikan tenaga medis yang memadai dan mencukupi untuk menangani pasien terjangkit virus tersebut,” ujar Bamsoet, di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Selain itu, mantan Ketua DPR itu juga meminta pemerintah agar membuat standar kesehatan yang sama di setiap rumah sakit. Seperti, standar perlindungan diri dan kelengkapan peralatan yang layak guna.

Sehingga menurutnya, kualitas RS di seluruh Indonesia merata. Disamping itu, masyarakat juga dapat dengan mudah melakukan pengobatan tanpa perlu terlebih dahulu dirujuk ke RS yang lebih jauh. 

“Setiap RS harus memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai standar yang berlaku jika terpantau ada pasien yang terindikasi terjangkit virus corona,” tegas Bamsoet. 

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan potensi kekurangan pasokan peralatan pelindung medis untuk memerangi virus corona secara global. Selain itu, potensi kenaikan harga produk pun amat terbuka lebar. 

Berkaitan dengan ini, maka Indonesia harus mengantisipasi peringatan WHO tersebut. Mengingat, alat kelengkapan medis seperti masker dan sanitizer mengalami kelangkaan. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID