logo rilis
Ketua DPR Tak Masalah bila Pengesahan RUU Antiterorisme lewat Voting
Kontributor
Nailin In Saroh
23 Mei 2018, 17:09 WIB
Ketua DPR Tak Masalah bila Pengesahan RUU Antiterorisme lewat Voting
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap RUU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat disahkan minggu ini. Pasalnya, Pemerintah dan Pansus RUU Antiterorisme sedang berusaha menyatukan pandangannya tentang definisi terorisme pada hari ini, Rabu (23/5/2018). 

“Saya berharap RUU Antiterorisme dapat disahkan pada minggu ini. Karena itu pengesahannya bisa dilakukan secara musyawarah mufakat, agar berjalan lancar,” ujar Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Namun, apabila masih juga menemui jalan buntu atau deadlock, lanjut Bamsoet, tidak masalah jika pengesahannya dilakukan melalui voting.

"Jika tidak mencapai mufakat, ada mekanisme yang disiapkan oleh UU, yaitu voting," kata Bamsoet.

Politisi Golkar itu menambahkan, pembahasan RUU Antiterorisme itu sudah hampir selesai. Termasuk perdebatan soal definisi terorisme. Baik dari motif politik, ideologi, dan ancaman.

"Itu sudah clear, tinggal penjelasan kalimat per kalimat saja. Jika bisa, hari ini bisa selesai atau paling lambat besok sudah beres," terangnya.

Diketahui, pembahasan RUU Antiterorisme di Pansus mandek pada definisi terorisme. Di mana pemerintah ingin cakupan yang lebih luas, sedangkan DPR ingin lebih spesifik yakni, ada motif politik, ideologi, dan frasa 'mengancam keamanan negara'.

Editor: Eroby JF


500
komentar (0)