logo rilis

Ketahuan Kelabui Imigrasi, DPR Minta Perketat Pengawasan Terhadap Turis Cina
Kontributor
Nailin In Saroh
27 Januari 2020, 23:32 WIB
Ketahuan Kelabui Imigrasi, DPR Minta Perketat Pengawasan Terhadap Turis Cina
Masyarakat menolak kedatangan wisatawan mancanegara asal Cina lantaran takut terjangkit virus corona. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III DPR Eva Yuliana, meminta Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham untuk memperketat pengawasan kedatangan warga negara asing (WNA) dari Cina. Termasuk turis asal negeri tirai bambu itu yang menginjakkan kaki di Tanah Air. 

Sebab, menurut anggota fraksi Nasional Demokrat (NasDem) di DPR itu, virus corona yang berasal dari kota Wuhan di Cina terdeteksi telah merambat masuk negara tetangga Malaysia dan Singapura. 

"Pihak imigrasi harus bekerja sama dengan otoritas kesehatan di bandara atau pelabuhan untuk memastikan pengecekan suhu berjalan kondusif dan memastikan agar tidak dikelabui oleh WNA Tiongkok yang masuk," ujar Eva di Jakarta, Senin (27/1/2020). 

Bukan tanpa alasan, Eva mengungkapkan antisipasi itu menyusul adanya WNA Tiongkok yang mengelabui otoritas imigrasi di negara Prancis. Dimana, turis Cina itu tengah dalam keadaan sakit. 

"Saya membaca di 'The guardian' ada WNA Tiongkok yang menuliskan di sosmed bahwa dia berhasil mengelabui otoritas imigrasi dengan cara meminum obat demam penurun suhu, padahal perempuan tersebut mengakui bahwa dia demam dan batuk ketika berangkat dari Wuhan," ungkapnya.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini juga mengingatkan pihak Imigrasi untuk mewaspadai tempat-tempat favorit kedatangan wisatawan mancanegara asal Cina.

"Imigrasi kita harus selalu waspada, terutama di titik titik favorit kedatangan wisman asal Tiongkok, yakni Denpasar, Jakarta, Medan dan Batam," kata Eva menambahkan.  




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID