logo rilis
Keren! Lahan Gersang Bantul Disulap Jadi Kebun Bunga
Kontributor
Fatah H Sidik
04 Mei 2018, 13:26 WIB
Keren! Lahan Gersang Bantul Disulap Jadi Kebun Bunga
Kebun bunga seluas 2.000 meter persegi tumbuh di atas lahan gersang berpasir di Jalan Lintas Selatan, Bantul, DIY, Kamis (3/5/2018). FOTO: Ditjen Hortikultura Kementan

RILIS.ID, Bantul— Lahan gersang berpasir di sepanjang Jalan Lintas Selatan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, disulap menjadi agrowisata. Bahkan, menjadi tempat swafoto (selfie) dengan latar belakang kebun bunga seluas 2.000 meter persegi.

Pemilik kebun, Sumarno, mengaku, bisa meraup pendapatan tambahan Rp4 juta dari pengunjung yang datang pada akhir pekan. Tiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp5.000. Belum lagi dari tarif parkir.

"Kebun bunga ini, merupakan ekonomi kreatif yang menyejahterakan masyarakat Bantul, memperindah lingkungan, dan agrowisata untuk masyarakat DIY," ujarnya di lokasi, Kamis (3/5/2018).

Sementara itu, Direktur Perlindungan Hortikultura Ditjen Hortikultra, Sri Wijayanti Yusuf, menyatakan, mendukung langkah Sumarno memanfaatkan lahan marginal. Terlebih, dikembangkan menjadi industri agrowisata.

"Ketersediaan lahan kita semakin terbatas, sehingga lahan-lahan marginal pun harus kita manfaatkan untuk tanaman hortikultura. Apalagi, tambahan penghasilan yang didapat sangat menggiurkan," jelasnya.

"Ini dapat menjadi model dalam pemanfaatan lahan marjinal," pungkas Sri saat mengunjungi lokasi.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)