logo rilis
Kenang Letusan Tambora dalam 'Festival Pesona Tambora' 2018
Kontributor
Ning Triasih
10 April 2018, 22:11 WIB
Kenang Letusan Tambora dalam 'Festival Pesona Tambora' 2018
FOTO: Instagram/@budimanalamse

RILIS.ID, Jakarta— Kini tengah berlangsung Festival Pesona Tambora (FPT) 2018. Festival yang digelar 9-11 April ini merupakan kegiatan dalam rangka mengenang tragedi meletusnya gunung Tambora sekaligus memperingati hari jadi Kabupaten Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti dilansir dari Pedomanwisata, FPT 2018 sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Dompu, mengingat banyak objek-objek menarik namun belum begitu dikenal wisatawan.

Baca Juga

Ada banyak kegiatan dan pertunjukan dalam FPT 2018 ini, seperti atraksi paralayang, seni dan budaya rakyat, serta barapan kebo.

Hari berikutnya, dilangsungkan pelepasan peserta Tambora Challenge 320 K dan barapan ayam. Tak hanya itu, Anda juga akan disuguhkan oleh kuliner khas Sumbawa Barat. Ada pula workshop koreografi di Istana Asi Mbojo, Kota Bima.

Selain pentas budaya, FPT 2018 juga mengadakan kegiatan yang cukup menantang, seperti trail advanture, sepeda gunung, memancing, paramotor dan kegiatan lainnya.

Gelaran FPT kali ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni menghadirkan pengembangan ekonomi kreatif, penghijauan hutan kawasan gunung Tambora, pameran produk unggulan daerah setempat seperti kopi Tambora, pasar rakyat, serta pesta kuliner khas daerah.

Sekilas sejarah, gunung Tambora meletus pada 12 April 1815 silam. Letusannya amat dahsyat. Ilmuwan bahkan mengakui jika letusan gunung di di pulau terpencil Sumbawa itu sebagai yang terkuat dalam sejarah letusan gunung berapi.

Dampaknya tak hanya di Sumbawa, tapi hampir di seluruh dunia terkena awan abu tebal. Eropa bahkan sampai mengalami satu tahun tanpa musim panas akibat letusan Tambora.

Pantauan rilis.id melalaui Twitter, Selasa (10/4/2018), tagar #GoesToFestivalTambora bertengger di deretan trending topic hari ini. Melalui tagar tersebut, warganet ramai-ramai bercuit mempromosikan Tambora.

Tak sedikit dari mereka membagikan foto-foto seputar wisata Tambora dan mengajak wisatawan berkunjung ke sana.

 


500
komentar (0)