logo rilis

Kemkominfo: Pemerintah Serius Siapkan Arus Mudik yang Terbaik
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
12 Juni 2018, 23:56 WIB
Kemkominfo: Pemerintah Serius Siapkan Arus Mudik yang Terbaik
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi

RILIS.ID, Merak— Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti mengungkapkan, pemerintah serius dalam menyiapkan segala sarana dan prasarana arus mudik Lebaran 2018. 

Seluruh kementerian dan lembaga negara, kata dia, memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya masing-masing. 

"Tak dapat disangkal, dengan adanya sarana yang terus meningkat, seperti jalan tol dan lainnya, membuat para pemudik bisa nyaman dan aman saat melakukan arus mudik maupun arus balik," kata Niken di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (12/6/2018). 

Untuk keamanan, tambah Niken, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) saat ini turun hinga 50 persen berdasarkan data dari Polri. Kementerian Perhubungan (Kemenhub), lanjutnya, juga melaksanakan mudik gratis dan memberikan fasilitas kepada para pemudik sepeda motor. 

"Para pemudik sepeda motor diantarkan langsung ke wilayah masing-masing, bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan instansi lainnya dengan memberikan sarana bus dan pengangkutan sepeda motor para pemudik," ujar Niken.

Dengan adanya failitas yang ditingkatkan seperti itu, jelas Niken, pada 2018 ini jumlah pengendara sepeda motor turun hingga 12 persen. Sedangkan pengguna transportasi udara meningkat 9 persen. 

"Ini artinya pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat. Karena yang dulunya para pemudik banyak yang menggunakan jalur darat dan laut, untuk tahun ini banyak para pemudik yang menggunakan pesawat udara sehingga data pemudik pengguna jalur udara lebih meningkat dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Sementara, dalam program Mudik Guyub dan Rukun, pihak Kemkominfo membuka tenda publik yang tersebar di 9 kota di Indonesia. Salah satunya di Merak, Banten. 

“Tenda Publik Kemkominfo memberikan layanan informasi untuk masyarakat pemudik terkait layanan mudik dan arus balik hingga informasi seputar penyelenggaraan Asian Games. Kemkominfo juga menyiapkan Ayo Mudik yang bisa diakses oleh masyarakat di ayomudik.go.id," paparnya. 

Editor: Yayat R Cipasang


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)