logo rilis
Kementan Sukses Distribusikan Bantuan Ayam KUB Tahap Pertama di Majalengka
Kontributor
Elvi R
12 Maret 2019, 13:00 WIB
Kementan Sukses Distribusikan Bantuan Ayam KUB Tahap Pertama di Majalengka
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Majalengka— Kementerian Pertanian (Kementan) sukses menyalurkan hewan ternak Ayam Kampung Unggulan (KUB) yang pertama di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Program ini merupakan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) melalui BB Biogen sebagai penerima mandat untuk melaksanakan.

Sebanyak 18 ribu ekor ayam KUB yang didistribusikan kepada 360 rumah tangga miskin (RTM). Mereka masing-masing mendapat 50 ekor DOC KUB beserta pakan sebanyak 50 kilogram, kandang brooder, tempat pakan dan minum, vitamin serta lampu penghangat.

Penanggung Jawab Program Bekerja Majalengka, Sonny Wibisono menjelaskan, distribusi ayam ini merupakan tahap awal. Selanjutnya akan dilaksanakan pendistribusian kembali hingga seluruh RTM yang telah diverifikasi yakni sebanyak 6.178 kepala keluarga menerima bantuan tersebut.

"Pembagian ayam yang pertama ini dipecah di tiga lokasi yaitu, Desa Maja Utara sebanyak 120 RTM, Desa Malongpong sebanyak 13 RTM, dan Desa Paniis sebanyak 227 RTM," ujar Sonny pada Sabtu (9/3/2019).

Sebelum distribusi ayam dilakukan, PJ Program Bekerja BB Biogen Ladiyani Retno Widowati terlebih dahulu menyerahkan ayam secara simbolis kepada Camat Maja, H. Arif Daryana dan salah satu RTM penerima bantuan, Suhana.

Dalam pesannya, Arif Daryana meminta agar masyarakat petani yang menerima bantuan dapat merawat ayamnya dengan baik agar dapat tumbuh optimal dan dapat diperoleh manfaat sebesar-besarnya. 

Surahman selaku penerima bantuan mengungkapkan rasa sukur dan bahagiannya usai menerima bantuan tersebut. Menurutnya bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

"Alhamdulillah Saya sangat senang. Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian sangat peduli dengan nasib masyarakatnya yang kekurangan dalam segi ekonomi. Saya senang karena dengan program ini kami jadi ada kegiatan dan saling berusaha untuk dapat mengelola dan merawat ayam-ayam ini," tuturnya.

Selain meningkatkan perekonomian, bantuan ayam melalui Program Bekerja ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dengan asupan protein bagi para penerima bantuan ke depannya.

Sumber: Hasni Zulfikar/Andika Bakti/Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID