logo rilis

Kementan Imbau Petani Tak Risau soal Kebijakan Impor Beras
Kontributor

14 Januari 2018, 12:54 WIB
Kementan Imbau Petani Tak Risau soal Kebijakan Impor Beras
Petani sedang memanen padi. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Banyumas— Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan Siti Munifah mengimbau agar petani tidak risau dengan kebijakan impor beras oleh pemerintah. 

"Kita bersyukur, setiap saat ada panen dan setiap saat juga melakukan pertanaman. Kita tidak perlu terombang-ambing dengan ketetapan bahwa tetap ada impor (beras) masuk," kata Siti Munifah di Banyumas, Minggu (14/1/2018). 

Siti Munifah menuturkan, meskipun ada kebijakan pemerintah yang melakukan impor beras, petani tetap bisa menunjukkan prestasinya. Panen kali ini, juga dibarengi dengan tanam di daerah lain untuk menjaga sirkulasi dan stok pangan. 

"Kita tetap menunjukkan prestasi bahwasanya terbukti hari ini panen, di sebelah sana juga ada yang memulai tanam," terangnya. 

Lebih jauh dia mengapresiasi panen yang dilakukan petani seluas 42,5 hektare milik Kelompok Tani Bumi Jaya, Desa Tinggarjaya. Keberhasilan ini, kata dia, keberhasilan petani dalam program percepatan masa tanam itu tidak lepas dari peran aktif bintara pembina desa (Babinsa) dan penyuluh dalam menggerakkan masyarakat untuk bisa terus bersama-sama melakukan pertanaman.

"Ini kita bisa lihat buktinya, hari ini walaupun hujan, walaupun kemarin cuaca tidak bagus, tetapi di sini tetap ada panen raya seluas 350 hektare (luas lahan sawah di Desa Tinggarjaya, red.)," pungkasnya. 

Sumber: ANTARA


#Kementan
#Siti Munifah
#impor beras
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)