logo rilis

Kementan Dukung Pengembangan Hortikultura Dataran Rendah di Kalteng
Kontributor
Elvi R
18 Mei 2018, 10:50 WIB
Kementan Dukung Pengembangan Hortikultura Dataran Rendah di Kalteng
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Palangka Raya— Bertempat di kediaman Walikota Palangka Raya diselenggarakan acara penyerahan aset Taman Teknologi Pertanian (TTP) Banturung dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian yang diwakili oleh Kepala BPTP Kalimantan Tengah Dr.F.F.Munier kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, yang diterima oleh Walikota Palangka Raya Dr.Riban Satia. Acara yang berlangsung secara hangat dan sederhana ini  dihadiri juga oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya Drs. Ikhwansyah,MM beserta staf yang akan mengelola TTP kedepan.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Palangka Raya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Badan Litbang Pertanian, BPTP Kalimantan Tengah yang telah mempercayakan TTP diletakan di kota Palangka Raya dari sekian potensi pertanian di 13 kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

“ Hari ini (16 Mei 2018) secara resmi kami (Pemkot) menerima Taman Teknologi Pertanian (TTP) dari Kementerian Pertanian. Harapanya kedepan TTP Banturung akan fokus di bidang pertanian untuk mensejahterakan masyarakat dan petani di kota Palangka Raya. Kehadiran TTP diharapkan dapat menumbuhkan kawasan ekonomi baru, agribisnis serta tumbuhnya pengusaha-pengusaha muda di bidang hortikultura, karena kawasan kota Palangka Raya sangat potensial untuk pertanian buah, sayur dan bawang merah," katanya, di Palangka Raya baru-baru ini.

Selanjutnya, Walikota juga berharap agar TTP ke depan dapat dioptimalkan juga sebagai wahana untuk menghasilkan ide-ide kreatif untuk kemajuan pembanguan pertanian kedepan, karena TTP ini tempat berkumpulnya orang-orang hebat, berkompeten dalam bidang pertanian di provinsi ini ada BPTP, dan beberapa Peguruan Tinggi. Seperti Universitas Palangkaraya, Universitas Muhamadiyah dan Universitas PGRI Palangkaraya yang semua memiliki peneliti dan akedemisi dari bidang ilmu Pertanian, agroteknologi dan agribisnis. 

Lebih lanjut Walikota juga menegaskan, Pemkot Palangkaraya akan mendukung anggaran untuk fasilitasi dan kebutuhan petani serta optimalisasi TTP, semoga ke depannya TTP Banturung akan lebih baik lagi dengan pengelolaan yang proporsional dalam bentuk Unit Pelaksana Teksis Daerah (UPTD) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya. Agar menjamin keberlanjutan TTP kedepan, Walikota berharap agar BPTP Kalteng tetap mengawal dan mendampingi petani dengan inovasi teknologi.

Sementara itu, Kepala BPTP Kalteng (Dr.F.F.Munier) menyampaikan, semenjak berdiri pada 2015, TTP Banturung  selalu berusaha menghadirkan inovasi teknologi hortikultura dan sayuran dataran rendah yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti bawang merah, cabe, tomat dan komoditas pendukung buah buahan jeruk, semangka dan melon. Harapannya ke depan setelah alih pengelolaan fungsi TTP Banturung ini akan tetap menjadi sumber inovasi teknologi hortikultura dataran rendah bagi masyarakat di Kalimantan Tengah. Semenjak 2015 hingga 2017, sudah banyak sarana dan prasarana yang dibangun oleh BPTP Kalteng selaku perwakilan Kementerian Pertanian, dan berada dalam kondisi baik ketika diserahkan kepada Pemkot Palangka Raya. Pada saat ini juga diserahkan satu buah unit mobil TTP beserta dokumen Berita Acara Serah Terima (BAST).

Lebih lanjut, disampaikan tentang keberadaan TTP Banturung ini pada intinya adalah untuk mensejahterakan petani, dan menumbuhkan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan. Produk petani diharapkan mampu bersaing dengan produk luar karena sudah mengadopsi inovasi teknologi yang ada di TTP. Semoga TTP Banturung kedepan dikelola secara proporsional dan lebih baik lagi dengan memanfaatkan semua potensi wilayah antara lain sebagai agrowisata.

Sumber: Dedy Irwandi/Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)