logo rilis

Kemenparekraf Ingin Ada Banyak Kegiatan Pendukung Tour de Singkarak
Kontributor
Zulyahmin
10 November 2019, 22:36 WIB
Kemenparekraf Ingin Ada Banyak Kegiatan Pendukung Tour de Singkarak
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf, Rizki Handayani, bersama peserta TdS 2019. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Padang— Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf, Rizki Handayani, berharap, event Tour de Singkarak akan terus mengalami peningkatan dalam segala bidang untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus). 

Salah satunya, kata Rizki, dengan memperbanyak kegiatan pendukung yang digelar dalam event tahunan yang berskala internasional tersebut.

"Dengan bergabungnya Badan Ekonomi Kreatif, ini tentunya ke depan aspek ekonomi kreatifnya akan terlibat. Mungkin di acara penutupan ini dari pagi ada ekonomi kreatif baik yang kaitannya dengan sport toruism atau tidak," kata Rizki usai menutup Tour de Singkarak 2019 di kawasan Pantai Cimpago, Padang, Sumatera Barat, Minggu (10/11/2019). 

Dia menilai, Tour de Singkarak adalah event yang sudah mapan dan matang. Sehingga, menurutnya, event ini ke depan harus terus dapat meningkatkan wisatawan dan perekonomian masyarakat. 

Untuk itu, ungkap Rizki, perlu ada pengembangan segmen pasar dalam event tersebut untuk menarik sebanyak-banyaknya wisman maupun wisnus. 

"Kalau kita hanya fokus ke event-nya saja, nanti yang datang hanya yang suka (balap sepeda). Jadi harus dikembangkan segmen marketnya. Makanya harus ada aktivitas yang lain road to Singkarak dan kita bikin event-event lain. Jadi sambil nunggu event Tour de Singkarak, ada event-event lain," ujarnya. 

Rizki dalam kesempatan itu mengaku gembira dengan bertambahnya rute Tour de Singkarak yang sampai ke Provinsi Jambi. Menurutnya, perubahan-perubahan itu perlu dilakukan untuk menambah event lebih menarik lagi. 

"Ini kan connecting Sumatera di mana ada dua kabupaten di Provinsi Jambi yang terlibat. Yang menampilkan suasana atau daya tarik yang berbeda di mana ada kebun teh. Suatu event memang harus ada yang berubah. Ada sesuatu yang baru," ungkap Rizki. 

Sementara itu, Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar, mengatakan, semua pihak baik pemerintah pusat maupun daerah harus terlibat bersama-sama dalam menjaga dan meningkatkan Tour de Singkarak tersebut. 

Dia pun berharap, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, bisa menambah anggaran untuk meningkatkan event tersebut. 

"Kita harapkan beliau (Wishnutama) akan memompa jumlah dana untuk meningkatkan informasi dan promosi Tour de Singkarak," tandasnya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID