logo rilis

Kemendikbud: Dana BOS Cair Akhir Maret
Kontributor
Tio Pirnando
13 Maret 2018, 22:00 WIB
Kemendikbud: Dana BOS Cair Akhir Maret
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan, dana Bantuan Operasiol Sekolah (BOS) diperkirakan cair akhir Maret ini. 

Hal ini disampaikannya terkait telatnya pencairan dana BOS di sejumlah wilayah yang menyebabkan sekolah harus mencari pinjaman untuk operasional kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Janji dari pihak Kemdagri akhir bulan ini cair, semoga saja, dan kita tunggu," ujarnya di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Seperti diwartakan, di Lebak, Banten, terjadi keterlambatan pencairan dana BOS. Akibatnya, demi KBM tetap berjalan pihak sekolah terpaksa harus mengutang puluhan juta.

"Terpaksa mengutang dulu agar kegiatan belajar mengajar sekolah berjalan lancar," kata Kepala SMPN 3 Rangkasbitung, Tito Sutanto.

Tito mengatakan, akibatnya dia terpaksa mengutang ke koperasi. Untuk itu, dia berharap manajemen dan kinerja dana BOS diperbaiki. Diharapkan juga pengelolanya lebih profesional sehingga pencairan dana selalu tepat waktu.

Karena, selama ini sumber anggaran pelaksanaan KBM di sekolah hanya mengandalkan dana BOS, alasannya pihak sekolah dilarang memungut biaya pendidikan. 

"Kalau dana BOS mengalami keterlambatan tentu sekolah kebingungan, karena tidak memiliki sumber anggaran lain. Satu-satunya cara, ya, sekolah harus mengutang terlebih dahulu untuk menutupi biaya operasional, termasuk pembayaran guru honorer. Kami sudah biasa jika dana BOS terlambat, mengutang dengan nilai Rp20 juta per bulan," pungkasnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)