logo rilis

Kemendagri Prioritaskan Penggantian Dokumen Seperti KTP dan KK yang Terdampak Banjir
Kontributor
Tari Oktaviani
07 Januari 2020, 14:56 WIB
Kemendagri Prioritaskan Penggantian Dokumen Seperti KTP dan KK yang Terdampak Banjir
Ilustrasi KTP. RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Dalam Negeri memberikan prioritas kepada warga terdampak banjir yang ingin melakukan penggantian dokumen data diri yang rusak. Pihak Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri mengatakan, tak akan mememberi tenggat waktu untuk korban banjir untuk satang ke otoritas setempat guna memperbaiki dokumen.

"Untuk penggantian, itu kami tidak beri batasan waktu. Namun, kami minta karena data kependudukan ini urgent, masyarakat yang datanya atau dokumennya hilang atau rusak untuk segera minta penggantian secepatnya saja. Ini kami berikan priorotasnya," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh, di kantor Ditjen Pemdes dan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jl Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020) seperti dilansir detik.com.

Zudan menyebut sejauh inu pihaknya telah menerima ribuan data yang akan diganti dengan dokumen baru. Ia menyebut tidak ada wilayah prioritas akan tetapi terpenting semua yang terdampak banjir akan didahulukan.

"Sudah ribuan, kan seperti Kota Bekasi kan hampir semua kecamatan terdampak. Kemudian di Banten ratusan titik. Kemudian di DKI kami ada puluhan posko untuk korban banjir. Jadi ribuan, ini terus kami proses," katanya.

Proses penggantian pun tidak lama. Ia menyebut seharusnya minimal satu jam saja penggantian dokumen selesai.

"Kalau, contoh kemarin di Teluk Naga 30 menit. Kemudian Kelurahan Pejagalan kira-kira 1 jam sampai 2 jam. Kemudian yang lain seperti di Kota Tangerang karena 102 KK langsung kami bagikan itu perlu waktu kira-kira 1 hari," pungkasnya




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID