logo rilis
Kemendagri: Ombudsman Belum Keluarkan Rekomendasi untuk Anies
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
28 Maret 2018, 14:08 WIB
Kemendagri: Ombudsman Belum Keluarkan Rekomendasi untuk Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh

RILIS.ID, Jakarta— Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, mengatakan saat ini Ombudsman RI belum mengeluarkan rekomendasi terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terkait penataan Tanah Abang.

"Yang dikeluarkan itu adalah laporan akhir hasil pemeriksaan dari Ombudsman Perwakilan DKI Jakarta. Belum sampai rekomendasi dari Ombudsman RI," kata Sumarsono di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Temuan hasil Ombudsman DKI Jakarta menyangkut empat poin pokok, serta adanya dugaan tindakan korupsi dalam penataan Tanah Abang. Namun, belum dinaikkan pada tahap rekomendasi Ombudsman RI.

"Kalau laporan temuan ini disampaikan kepada Gubernur DKI dan tidak ada koreksi, klarifikasi, dan diabaikan, barulah akan dinaikkan ke tingkat rekomendasi Ombudsman RI," katanya.

Selanjutnya, ketika sudah menjadi rekomendasi, akan memiliki konsekuensi hukum berupa sanksi jika tidak diindahkan. Jadi, memang wajib dilaksanakan. Ini sudah diatur dalam perundang-undangan, antara lain adanya pembinaan khusus.

"Artinya, fungsi sanksinya administratif," kata Sumarsono.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Ombudsman DKI Jakarta, Dominikus Dulu, meminta Pemprov DKI melakukan perbaikan atas kebijakan penataan pedagang kali lima (PKL) di kawasan Tanah Abang.

"Bilamana dalam 30 hari ke depan belum ada tindakan korektif Pemprov DKI, maka laporan hasil ini akan kami tingkatkan menjadi rekomendasi oleh ORI Perwakilan Jakarta Raya. Jika tetap tidak dilakukan, sanksi yang akan diberikan menyangkut sanksi administrasi," ujarnya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)