logo rilis
Kemendag: Harga Naik Jelang Puasa Itu Tak Normal! 
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Mei 2018, 20:39 WIB
Kemendag: Harga Naik Jelang Puasa Itu Tak Normal! 
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Perdagangan meminta, masyarakat merubah pemahaman bahwa harga pangan pasti mengalami kenaikan jelang Ramadan dan lebaran. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag, Kasan Munir saat diskusi di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Kasan mengatakan, pemahaman masyarakat mengenai harga pangan naik setiap jelang Ramadan dan lebaran adalah salah kaprah. Pasalnya, kata dia, pemerintah berhasil menjaga stabilitas harga pangan pada 2017 yang lalu. 

"Jangan sampai kebiasaan masyarakat yang seolah-olah kalau harga naik itu normal, justru itu harus kita luruskan," kata Kasan. 

Pada 2017 lalu, ujar Kasan, Kemendag bersama dengan Kementan, Bulog, Satgas Pangan dan pemerintah daerah berkoordinasi dalam mempersiapkan Ramadan dan lebaran. Hasilnya, harga kebutuhan pokok pangan pada saat itu terbukti bisa stabil. 

"Jadi jangan kemudian masyarakat biasa saja menganggap harga naik daat puasa dan lebaran. Ini salah kaprah," ujarnya. 

Dia menjelaskan, pihaknya bersama stake holder lainnya saat itu menerapkan beberapa upaya dalam menjaga stabilitas harga. Salah satunya penguatan regulasi, yakni terkait harga acuan dan harga eceran tertinggi serta pendaftaran seluruh umat pelaku distributor secara online tanpa biaya di seluruh daerah. 

"Sehingga kami punya catatan semua hal terkait bahan pangan dan bisa kita awasi," jelasnya. 

Selain itu, imbuh Kasan, pihaknya juga melakukan pemantauan dan pengawasan secara online dan terjun langsung ke lapangan. Kemudian, lanjutnya, pihaknya juga melakukan penetrasi pasar rakyat dan ritel modern. 

"Ini yang harus kita pahami bahwa kita bisa kok stabilkan harga jelang puasa dan lebaran," pungkasnya. 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)