logo rilis
Kemendag Genjot Ekspor, Gimana Caranya?
Kontributor
Elvi R
03 Mei 2018, 15:15 WIB
Kemendag Genjot Ekspor, Gimana Caranya?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya untuk mendorong ekspor bahan bangunan dari dalam negeri, salah satunya melalui keikutsertaan dalam pameran bahan bangunan bertaraf internasional Indobuildtech 2018, 2-6 Mei 2018, di ICE-BSD, Tangerang, Banten.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan, pertumbuhan ekspor bahan bangunan Indonesia ke beberapa pasar nontradisional dalam lima tahun terakhir menunjukkan tren positif.

"Hal itu menggembirakan dan semakin mendorong Kementerian Perdagangan untuk terus menggenjot ekspor dan memperluas akses pasar produk tersebut," kata Arlinda, di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Arlinda menjelaskan, di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan, seperti Filipina dan Srilanka, ekspor produk bahan bangunan Indonesia tumbuh di atas 20 persen. Sedangkan di kawasan Timur Tengah, seperti Yordania, tumbuh 68 persen.

Tercatat, total ekspor produk bahan bangunan Indonesia pada 2017 mencapai US$1,54 miliar, dengan lima negara utama tujuan ekspor utamanya adalah Thailand, Singapura, Jepang, Malaysia, dan Australia.

"Produk-produk utamanya seperti pipa, barang-barang keramik, semen, sekrup dan baut dari besi atau baja, serta pipa selubung (casing) untuk pengeboran," ujar Arlinda.

Dalam pameran tersebut, paviliun Kemendag menempati area seluas 108 meter persegi dan menampilkan 11 pelaku usaha Indonesia berorientasi ekspor.

Pameran tersebut diikuti 260 perusahaan Indonesia dan 228 perusahaan mancanegara dari 16 negara.

Selain itu, sebanyak 32 asosiasi bahan bangunan, arsitek interior, dan konstruksi, serta 27 perguruan tinggi dari 32 fakultas ikut dalam pameran ini.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)