logo rilis
Kemen PUPR: Pemudik Dilayani dengan Mantap
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
07 Juni 2018, 23:00 WIB
Kemen PUPR: Pemudik Dilayani dengan Mantap
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), memastikan telah menyiapkan secara maksimal infrastruktur mudik jelang Lebaran 2018. 

Menurut Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kemen PUPR, Nazib Faisal, kesiapan itu baik untuk jalan tol maupun jalan nasional. 

Untuk Pulau Jawa, kata Nazib, pihaknya telah menyiapkan sebanyak tiga lintasan. Yakni, lintas utara sepanjang 1300 kilometer dari Merak, Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur. Kemudian juga lintas tengah sejauh 1197 km dari Jakarta, Padalarang, Bandung, Kebumen, sampai Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Adapun untuk lintas selatan, yakni Pansela, lanjut Nazib, sudah terbentang infrastruktur jalan sejauh 1405 km. 

"Diharapkan dengan kehadiran pansela, secara ekonomi, bisa mengakselerasi roda ekonomi di kawasan selatan, dan memecah traffict," kata Nazib di kawasan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (7/6/2018). 

Nazib menyinggung soal keberadaan tol yang saat ini sudah mencapai 700 km. Dirinya justru khawatir, semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik akan menggunakan jalur tol yang justru akan menimbulkan kepadatan di jalan tersebut. 

"Padahal sebenarnya, lintas Pansela dan juga lainnya tidak kalah bagus. Karena tercatat, ada 23 pantai di Jawa Barat, 19 Jawa Tengah, dan juga Jawa Timur," ujarnya. 

Dia menegaskan, saat ini infrastruktur kondisi kemantapan jalan pada jalur mudik telah mencapai rata-rata 90 persen. 

“Apa itu yang dimaksud dengan kemantapan, kami menyebutkan, kalau naik mobil bisa tidur, itu artinya mantap. Itu seperti saat melintas di Tol Jagorawi," paparnya. 

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)