logo rilis
Keluarga Zumi Zola Ikut-ikutan Diperiksa KPK, Mengapa?
PENULIS : Tari Oktaviani , Andi Mohammad Ikhbal
24 Mei 2018, 14:11 WIB
Keluarga Zumi Zola Ikut-ikutan Diperiksa KPK, Mengapa?
Gubernur Jambi Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Keluarga Gubernur Jambi Zumi Zola tampaknya harus terlibat dalam penyidikan kasus dugaan gratifikasi. Kini, giliran adiknya yang bernama Zumi Laza akan diperiksa KPK di Jakarta pada Kamis (24/5/2018).

Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Zumi Laza akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk kakaknya (Zumi Zola). Dan, juga saksi untuk Plt Kadis PU Prov Jambi, Arfan, yang juga ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk dua tersangka," kata Febri.

Sebelumnya, KPK juga memeriksa istri Zumi Zola, Sherin Taria, dan ibu Zumi Zola, Harmina Djohar. Keduanya dimintai keterangan terkait uang yang ditemukan KPK dari penggeledahan di vila keluarga Zumi di Tanjung Jabung, Jambi pada akhir Januari 2018.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan Gubernur Jambi, Zumi Zola dan Plt Kadis PU Arfan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp6 miliar dari beberapa kontraktor. Uang itu disinyalir diberikan sebagai "uang ketok palu" kepada anggota DPRD Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD Jambi ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka.

Keempat tersangka itu, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.


500
komentar (0)