logo rilis
Kelompok Bersenjata Tembaki Truk di Areal Freeport
Kontributor
Kurniati
17 Agustus 2018, 12:20 WIB
Kelompok Bersenjata Tembaki Truk di Areal Freeport
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Timika— Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Papua, Jumat (17/8/2018) sekitar pukul 06.20 WIT menembaki kendaraan jenis truk yang melintas di mile 65, area Freeport di Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Penembakan yang terjadi sekitar 200 meter dari check point 66 itu mengenai truk Iveco Flat Bed Mecanic dengan nomor lambung 02.1022 yang dikemudikan Jonatan Sopaheluwakan.

"Jonatan terkena serpihan peluru di lengan bagian kanan," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal.

Dikatakan, dari laporan yang diterima, peluru diduga bersarang di lengan korban, pipi kanan terkena serpihan peluru dan luka lecet di bagian dada sebelah kanan.

Saat insiden terjadi, kata Ahmad, korban bersama rekannya Jansen Ranteborong sedang menuju ke mile 62 untuk menjemput mekanik yang akan memperbaiki trailer yang rusak serta anggota Satgas Amole di mile 64.

"Namun saat melintas di mile 65, kendaraan tersebut ditembak KKSB," kata Kombes Kamal seraya menambahkan saat ini korban sudah ditangani tim medis RS Tembagapura.

Manajemen PT Freeport pun menutup sementara akses ke Tembagapura, pascapenembakan terhadap kendaraan milik PT.Freeport Indonesia di mile 65 Tembagapura.

Memang betul saat ini ruas jalan menuju dan dari Tembagapura ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan, kata juru bicara PT.Freeport, Riza Pratama.

Riza Pratama mengatakan saat ini akses jalan ke Tembagapura ditutup karena aparat keamanan sedang melakukan penyisiran.

"Belum dapat dipastikan kapan ruas jalan menuju Tembagapura khususnya di mile 58-mile 66 dibuka karena aparat keamanan saat ini sedang bekerja untuk mengamankan kawasan itu," kata Riza Pratama.

Jubir PT Freeport mengakui, seorang karyawan mengalami luka ringan dilengan ketika beberapa tembakan ditembakkan kearah kendaraan pemeliharaan yang dikemudikannya di mile 65.

Penembakan diruas jalan tambang utama Timika-Tembagapura merupakan yang pertama sejak 5 Juni lalu dimana bus milik PT.Freeport ditembak di mile 61, kata Reza Pratama.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)