logo rilis
Kelola Kekayaan Desa, Konawe Punya 200 Bumdes
Kontributor
Elvi R
19 April 2018, 08:30 WIB
Kelola Kekayaan Desa, Konawe Punya 200 Bumdes
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Konawe— Badan Usaha Milik Desa sebagai mitra pemerintah desa dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Konawe Selatan telah terbentuk di 200 desa wilayah kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Konawe Selatan, Sahlul di Andoolo mengatakan, pembentukan Bumdes terus berjalan hingga menjangkau 366 desa se-Konawe Selatan.

"Bumdes dibentuk sebagai komitmen menjaga nilai ekonomi hasil produk lokal yang dijamin kesehatannya dan bebas dari tengkulak," kata Sahlul, di Konawe, Kamis (19/4/2018).

Dari 200 Bumdes yang terbentuk di masing-masing desa tercatat 20 Bumdes dinyatakan mandiri dalam menjalankan usaha dan piawai mengelola pendapatan.

"Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan bersama DPRD senantiasa mengingatkan para kepala desa dan lurah untuk membentuk Bumdes sebagai sarana bisnis berkelanjutan tingkat desa/kelurahan," katanya.

Camat Palangga Abd Jalil mengajak pengelola Bumdes bersungguh-sungguh menjalankan tanggung jawab bisnis dengan tetap menjaga diri dan orang lain agar jauh dari penyalahgunaan keuangan negara.

"Semua desa/kelurahan se-Kecamatan Palangga sudah memiliki Bumdes sebagai mitra pengembangan usaha ekonomi kerakyatan," kata Jalil.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)