logo rilis
Kejar WTP, Pemprov DKI Lakukan Pendataan Aset
Kontributor
Kurniati
26 April 2018, 15:43 WIB
Kejar WTP, Pemprov DKI Lakukan Pendataan Aset
Ilustrasi salah satu aset milik Pemprov DKI Jakarta. FOTO: Instagram/@igedesr

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta, Achmad Firdaus, menyatakan pihaknya sedang fokus melakukan pendataan aset-aset milik pemerintah provinsi itu.

"Saat ini, kami fokus melakukan pendataan semua aset milik Pemprov DKI, terutama yang berada di bawah pengelolaan badan usaha milik daerah (BUMD)," katanya di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Menurut dia, pendataan sekaligus pengecekan tersebut harus segera dilakukan untuk mengantisipasi hilangnya aset-aset yang dimiliki oleh BUMD DKI Jakarta.

Dia mengatakan, BUMD tidak bisa melakukan penjualan aset kepada pihak swasta meskipun aset tersebut telah dihibahkan, kecuali mendapatkan persetujuan dari Gubernur dan DPRD DKI Jakarta.

"Karena setiap penjualan aset milik Pemprov DKI, apa pun bentuknya, harus mendapat persetujuan dari gubernur dan DPRD, termasuk aset BUMD walaupun sudah dihibahkan oleh Pemprov DKI," ujar Achmad.

Jumlah nilai aset milik Pemprov DKI pada 2017, diperkirakan bertambah sekitar Rp10 triliun apabila dibandingkan dengan nilai aset pada 2016 yang jumlahnya mencapai Rp420 triliun.

Ia menginginkan agar pencatatan seluruh aset milik Pemprov DKI, termasuk milik BUMD terus dilakukan sehingga terdata dengan baik.

"Kalau semuanya terdata dengan baik, maka target Pemprov DKI untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bisa tercapai," ungkap Achmad.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)