logo rilis
Kecuali Jabar, Jokowi Dinilai Telah Amankan Suara di Jatim dan Jateng
Kontributor

30 Juni 2018, 21:20 WIB
Kecuali Jabar, Jokowi Dinilai Telah Amankan Suara di Jatim dan Jateng
Presiden Joko Widodo. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti litbang Kompas, Yohan Wahyu menilai, Presiden Jokowi berhasil "memegang" kemenangan untuk di Pilkada 2018 kemarin. Seperti Jateng dan Jatim, yang merupakan orang-orang terdekat dari capres petahana ini.

Namun suara berbeda di Jawa Barat. Menurut dia, pemilih Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum akan terbelah untuk mendukung Jokowi dan Prabowo.

"Yang beda di Jabar, itu terbelah pemilih RK akan terbelah ke Prabowo dan Jokowi jadi kemenangan elektral akan dimenangkan oleh Jokowi," paparnya di Jakarta pada Sabtu (30/6/2018).

Selain itu, jargon ganti Presiden bisa dikatakan berhasil. Pasalnya, dengan suara di pilkada ini, akan menjadi acuan untuk mesin partai politik melawan Jokowi.

"Kalo untuk yang ingin ganti Presiden, mereka melakukan kemenangan dalam memanaskan mesin parpol untuk melawan petahana," paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia, Philip J Vermonte menyampaikan serupa. Ia menilai, Jokowi akan diuntungkan mengacu pada hasil pilkada serentak kemarin.

"Yang banyak orang liat perspektif pemilih karena semua orang fokus pada pilpres. Pak jokowi hasilnya diuntungkan. Tapi dari sisi partai PDIP alami penurunan," tuturnya.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID