logo rilis
Kebun Raya Cibodas Bakal 'Disulap' Jadi Botanical Garden
Kontributor
Tio Pirnando
22 Maret 2018, 23:14 WIB
Kebun Raya Cibodas Bakal 'Disulap' Jadi Botanical Garden
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur (kaus biru), saat meninjau Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (22/3/2018). FOTO: Humas Kemenpan-RB

RILIS.ID, Cianjur— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, mengatakan, pemerintah akan terus mendorong Kebun Raya Cibodas berubah menjadi botanical garden. Tujuannya, masyarakat merasakan manfaatnya.

"Saya ingin kebun raya ini memberikan manfaat untuk publik, tidak hanya untuk kita sendiri," ujarnya saat meninjau Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (22/3/2018).

Untuk membangun botanical garden, menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, profesionalitas harus dikedepankan. Lembaga Ilmu Pengetahunan Indonesia (LIPI)  sebagai induk kebun raya diharapkan tak sekadar berkutat pada penelitian, namun berinovasi untuk mengembangkannya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur dan pengelola juga diminta duduk bersama memajukan Kebun Raya Cibodas. "Bagaimana caranya agar lebih menarik dari sisi pariwisata, bisa mendorong sektor pertanian, dan lain-lain," inginnya sebagaimana siaran pers yang diterima rilis.id, beberapa saat lalu.

Asman pun mendorong aparatur sipil negara (ASN) bekerja lebih keras lagi sesuai tujuan yang ingin dicapai. Diharapkan tak cuma melakukan pekerjaan rutin, namun tidak berdampak terhadap pengembangan kebun raya.

Dia menjelaskan, Kemenpan-RB sedang merancang model struktur organisasi yang tepat untuk mendukung hal tersebut. "Bukan mustahil, kebun raya diarahkan ke Badan Layanan Umum (BLU). Sehingga, terdapat fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran dan SDM tidak hanya dari birokrat," pungkas dia.

Editor: Fatah H Sidik


500
komentar (0)