Home » Ragam

Kebun Raya Bogor Jadi Calon Warisan Budaya Dunia UNESCO

print this page Rabu, 6/12/2017 | 15:51

Kebun Raya Bogor. FOTO: Instagram/@kebunrayabogor.

RILIS.ID, Jakarta—  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sedang ancang-ancang mendaftarkan Kebun Raya Bogor pada UNESCO supaya diakui sebagai Situs Warisan Budaya Dunia. Proposal terkait pencantuman kebun di Jawa Barat itu kini tengah digarap LIPI.

LIPI berharap, Kebun Raya Bogor bisa masuk daftar Warisan Dunia dengan koleksi tanamannya yang begitu beragam, serta punya nilai sejarah tinggi dari segi bangunan, lanskap dan sejarah landmark.

Menurut Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan (IPH) LIPI Enny Sudarmonowati, rencana pengajuan proposal tersebut sebenarnya sudah dipertimbangkan sejak tahun lalu. Apalagi, Kebu Raya Bogor punya peluang besar.

Hal itulah yang membuat LIPI berkomitmen tinggi memperjuangkan Kebun Raya Bogor agar terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO.

Kebu Raya Bogor atau yang disebut Kebun Botani Bogor adalah sebuah taman besar yang punya 15 ribu jenis koleksi pohon dan tanaman. Salah satu daya tarik taman seluar 87 hektare tersebut adalah bunga bangkai. Tinggi bunga ini dapat mencapai dua meter dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.

Kebun raksasa itu kini menjadi destinasi wisata favorit di Bogor, Jawa Barat, terlebih saat hari libur.

Penulis Ning Triasih

Tags:

Kebun Raya BogorWarisan Budaya DuniaLIPIUNESCO