logo rilis

Kebocoran Data, Polisi Panggil Pihak Facebook
Kontributor

12 April 2018, 06:59 WIB
Kebocoran Data, Polisi Panggil Pihak Facebook
Ilustrasi Facebook

RILIS.ID, Jakarta— Kasus kebocoran data pribadi pengguna Facebook yang ada di Indonesia diseriusi oleh Kepolisian Republik Indonesia. Bahkan, korps bhayangkara tengah melakukan penyelidikan.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol M Iqbal, mengatakan, pekan ini penyidik Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap pihak Facebook.

"Minggu ini sedang kita persiapkan pemeriksaan," kata mantan Kapolrestro Jakarta Utara ini, di Jakarta, Rabu (11/4/2018) malam. 

Ditegaskan Iqbal, kasus kebocoran data pengguna Facebook ini masih dalam tahap penyelidikan. Dan Polri belum melakukan upaya paksa terkait penyelidikan tersebut.

"Saat ini belum ada upaya penyidikan, tapi baru penyelidikan. Kita koordinasi," paparnya.

Untuk memudahkan upaya penyelidikan tersebut, Polri telah menyiapkan panggilan untuk Facebook untuk segera dimintai keterangan.

"Kalau enggak salah sudah dipersiapkan oleh Bareskrim," tuturnya.

Polisi akan mengkaji lebih jauh apakah ada unsur pidana terkait kebocoran data pengguna Facebook ini. "Ya kita akan kaji dulu, ada perbuatan melawan hukum enggak di sana," tutupnya.

Diketahui, Facebook mengalami kebocoran data hingga 87 juta pengguna. Di Indonesia sendiri, ada kebocoran data pengguna yang mencapai 1.096.666.

Indonesia adalah urutan ketiga terbesar data pengguna yang mengalami kebocoran, setelah Amerika Serikat dan Filipina. Data m-dara tersebut diketahui dibocorkan ke Cambridge Analytica.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)