logo rilis

Kaum Milenial Sanggup Yakinkan Pemilih Lewat Dunia Maya
Kontributor
Ainul Ghurri
25 Maret 2018, 17:31 WIB
Kaum Milenial Sanggup Yakinkan Pemilih Lewat Dunia Maya
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus. FOTO: RILIS.ID/Ainul Ghurri

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai, jumlah kaum milenial yang signifikan saat ini, punya pengaruh cukup tinggi dalam memenangkan partai politik, atau para kandidat di ajang pertarungan Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti.

"Bukan hanya soal jumlah, tapi kaum milenial ini dapat meyakinkan pemilih lain di dunia maya cukup tinggi, karena mereka punya alat atau perangkat untuk melakukan itu dengan kreativitasnya," katanya di Kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Menurutnya, dengan memiliki keterampilan itu, para kaum milenial memiliki kontribusi yang sangat intens dan besar di dunia maya. Sehingga, kata Lukas, para aktor politik atau politisi partai bisa saja memanfaatkan situasi ini.

"Tinggal bagaimana para aktor politik yang cenderung manual mengkomunikasikannya dengan kaum milenial itu," ungkapnya.

Namun, lanjut Lukas, di era milenial ciri khas utamanya adalah arus informasi yang mengalir dan terbuka. Dengan begitu, para elit politik yang cenderung jual mahal dan tertutup, tidak mudah untuk menggaet kaum milenial.

Lanjutnya, para politisi yang cenderung dengan pencitraan atau bungkusan simbolik, kata Lukas tidak berlaku untuk saat ini.

"Saya kira, sosok yang diharapkan adalah yang apa adanya bisa mewakili kaum milenial ini. Dengan era reformasinya yang terbuka, pendekatan tidak lagi mengandalkan sosok elit, kaum milenial ini tidak suka pengelompokan orang, apalagi berdasarkan status, di dunia milenial semua diperlakukan sama," terangnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)