logo rilis
Ini Poros Penentu di Pilpres 2019
Kontributor
Afid Baroroh
13 Maret 2018, 22:09 WIB
Ini Poros Penentu di Pilpres 2019
Hendri Satrio. FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Jakarta, Hendri Satrio, mengatakan, ada upaya sistematis untuk menggiring opini bila lawan terkuat Joko Widodo adalah Prabowo Subianto. Menurutnya, upaya itu melupakan adanya kemungkinan poros Jusuf Kalla (JK).    

"Jadi, saya melihat ada upaya yang sangat sistematis membuat Jokowi itu kalau bisa lawannya Prabowo saja. Dengan cara, me-sounding calon terkuat Pak Jokowi adalah Prabowo. Padahal, belum tentu kan," kata Hendri, di Sekretariat Indonesia Law Enforcement Watch (ILEW), Jakarta, Selasa (13/3/2018). 

Karena ada usaha sistematis, kata dia, membuat lupa bila ada satu poros yang memiliki kekuatan yang hampir sama dengan Jokowi.  

"Kadang-kadang kita lupa bahwa masih ada satu poros lagi yang kalau bergerak, dia memiliki kekuatan dan sumber daya yang hampir sama dengan Jokowi, poros JK," tegasnya. 

Poros JK, diprediksinya, memiliki andil besar dalam penentuan calon presiden dan calon wakil presiden 2019 mendatang. Terlebih, sampai saat ini JK masih terbilang aktif dalam memainkan peran di kalangan tokoh dan umat Islam. 

Belum lagi, jika melihat upaya JK yang menginginkan label pemimpin Islam ada padanya. Dengan poros tersebut, memiliki kekuatan sebagai think maker.  

"Poros JK ini memang dia tidak bisa lagi menjadi cawapres. Tapi, kalau istilah menjadi think maker, ya, bisa aja. Semuanya lagi memainkan peran Islam," pungkasnya.

Editor: Eroby JF


500
komentar (0)