logo rilis
Kasus Century, KPK: Baru 10 Orang Diduga Terlibat
Kontributor
Tari Oktaviani
19 April 2018, 20:38 WIB
Kasus Century, KPK: Baru 10 Orang Diduga Terlibat
Ketua KPK, Agus Rahardjo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi Pemberantasam Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya baru memetakan 10 orang yang diduga terlibat dalam kasus korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) pada Bank Century.

Padahal, jika ditelisik, keterlibatan 10 orang itu sudah mencuat dari sejak putusan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulya pada April 2015 lalu.

Terkait hal itu, Agus memang tak berkomentar banyak. Bahkan ia enggan mendetailkan satu per satu siapa yang terlibat tersebut.

Agus hanya berujar, KPK telah menugaskan tim penyidik dan penuntut umum memetakan peran 10 orang yang diduga turut terlibat, untuk kemudian memutuskan pihak mana yang lebih dahulu dijerat penyidik. 

"Ya didapatkan dulu, kami menugaskan penyidik dan dipetakan siapa dari 10 orang itu yang berperan lebih, didulukan yang mana. Kita masih mau membicarakan itu di dalam," kata Agus di Jakarta, Kamis (19/4/2018). 

Ia membantah, pihaknya tak lanjut mengusut kasus yang hampir merugikan keuangan negara sebesar Rp7,4 Triliun.  

Ditegaskannya, tidak ada pernah ada kasus yang dihentikan oleh KPK. Termasuk kasus century ini.

"Iya berjalan, masa berhenti," katanya.

Sebelumnya, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) memenangkan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), terkait kasus dugaan korupsi dana talangan/bailout Bank Century‎.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan, pihaknya akan menyerahkan salinan putusan praperadilan dari PN Jaksel kepada KPK secepatnya. 

Ia pun berharap agar KPK segera menuntaskan kasus ini dengan menetapkan tersangka baru.

"Atas dikabulkannya gugatan praperadilan yang diajukan MAKI lawan KPK dalam kasus korupsi Century, maka tidak ada alasan lagi KPK untuk tidak menetapkan tersangka baru dalam kasus Century," jelas Boyamin, di Jakarta.

Dalam kasus ini setelah terdakwa Budi Mulya divonis bersalah sejak dua tahun lalu dalam perkara Century, hingga kini KPK belum menetapkan tersangka baru. 

MAKI kemudian mengajukan gugatan praperadilan melawan KPK terkait kasus Century hingga tiga kali agar KPK menetapkan tersangka baru.

Perkara ini memang kerap menyeret beberapa nama pejabat penting negara kala itu. Seperti pernah disebut dalam dakwaan Budi Mulya, mereka di antaranya ‎Boediono, Muliaman D Hadad, Hartadi, Miranda Goeltom dan Raden Pardede.

Editor: Kurniati


500
komentar (0)