logo rilis

Kasih Gaji Stafsus Rp51 Juta per Bulan, Moeldoko: Ada Teori Efektivitasnya
Kontributor
Elvi R
22 November 2019, 17:32 WIB
Kasih Gaji Stafsus Rp51 Juta per Bulan, Moeldoko: Ada Teori Efektivitasnya
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengatakan, anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk staf khusus, wakil sekretaris pribadi presiden, asisten, dan pembantu asisten bakal menghasilkan pencapaian yang tepat. Karena, menurutnya ada teori efektivitas dalam pengambilan keputusan tersebut.

"Ada teori efisiensi. Jadi, walau pun, umpamanya kita begini, kita ngeluarin 1.000 tapi hasilnya sedikit. Mending keluarin 2.000 tapi hasilnya banyak. Pilih yang mana, kan begitu. Itu teori efisiensi seperti itu" ujar Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Lebih lanjut, kata Moeldoko, pemerintah juga perlu percepatan dalam melakukan eksekusi berbagai rencana dan kebijakan. Adanya berbagai perangkat staf khusus, wakil sekretaris pribadi presiden, asisten, dan pembantu asisten disebut bakal mempersingkat waktu.

"Berikutnya efektivitas juga pencapaian atas sasaran yang ditentukan oleh Presiden itu perlu waktu yang cepat. Itu ciri-ciri kepemimpinan presiden adalah speed, waktu yang cepat. Waktu yang cepat itu perlu sumber daya," kata Moeldoko.

Oleh karenanya, dia menyebut, penambahan wakil menteri dan lainnya sebagai upaya memperkuat dan mempercepat laju roda pemerintahan. 

"Sudah dihitung lah ya, ada kalkulasi-kalkulasi. Jadi di dalam cara menghitung efisien atau tidak, jangan mau berhemat 1.000 tapi hasilnya sedikit. Tapi kita keluarkan 2.000, hasilnya lebih banyak," jelas Moeldoko.

Moeldoko pun menekankan adanya penambahan wakil menteri dan anggaran bukan upaya mengakomodasi kepentingan politik. "Untuk itu supaya dipahami secara baik bahwa tidak ada upaya akomodatif atas desakan politik. Tidak. Tapi sungguh-sungguh ingin pencapaian atas apa yang sudah digariskan Presiden," tukasnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID