logo rilis
Karhutla di Aceh Dekati Pemukiman Warga
Kontributor
Elvi R
09 Agustus 2019, 21:00 WIB
Karhutla di Aceh Dekati Pemukiman Warga
FOTO: Antara

RILIS.ID, Aceh Barat— Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di kawasan Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat kini semakin mendekati permukiman warga.

Akibatnya, warga di kawasan ini resah karena sebaran api yang diduga berasal dari pembukaan lahan baru tersebut menyebabkan kabut asap dan mengganggu aktivitas warga pada pagi dan malam hari.

"Kami masih terus berusaha memadamkan api khususnya di lokasi yang berdekatan dengan permukiman warga, hal ini kita lakukan agar api tidak membakar rumah warga," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Mashuri, Jumat malam (9/8/2019).

Meski sudah mendekati permukiman warga, pihaknya yakin sebaran api dapat diminimalisasi. Hal ini karena pemadaman hingga Jumat malam masih terus dilakukan, agar masyarakat di sekitar lokasi kebakaran lahan tidak lagi khawatir.

Guna mengantisipasi hal itu, pihaknya sepanjang Jumat juga memfokuskan pemadaman di kawasan Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat karena di lokasi ini termasuk kawasan padat penduduk.

Sedangkan total luas karhutla yang terjadi di Aceh Barat, kata Mashuri, saat ini masih berada di atas 60 hektare lebih dengan sebaran api terjadi di Kecamatan Meureubo, Johan Pahlawan dan Kecamatan Bubon.

"Untuk lokasi lain sementara waktu sudah berhasil kita padamkan, saat ini pemadaman sengaja kita fokuskan di sekitar Kota Meulaboh, agar sebaran api dapat dilokalisir dan dipadamkan secepatnya," kata Mashuri menambahkan. 

Sumber: ANTARA




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID