logo rilis
Kapan Datangnya Malam Lailatul Qadar?
Kontributor
Ning Triasih
06 Juni 2018, 14:25 WIB
Kapan Datangnya Malam Lailatul Qadar?
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Tak terasa, puasa Ramadan kini telah memasuki hari ke-21, Rabu (6/6/2018). Menjelang hari kemenangan Idul Fitri, ada satu malam yang selalu dinanti umat Islam, yakni Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah hari yang istimewa dan mulia. Karenanya, umat Muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan di malam tersebut. Barang siapa mengerjakan amalan ibadah di Malam Lailatul Qadar, dijanjikan oleh Allah akan mendapat pahala berlipat ganda.

Lalu kapan Malam Lailatul Qadar itu terjadi?

Menurut sejumlah sumber, Lailatul Qadar terjadi di antara sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Tapi, tak ada yang tahu pasti kapan malam penuh berkah ini berlangsung. 

Untuk itu, usahakan setiap malam di sepuluh terakhir diisi dengan memperbanyak ibadah. Usahakan tidak ada satu malam pun yang tidak dihiasi dengan amalan saleh, supaya Malam Lailatul Qadar tidak terlewatkan.

Seperti dilansir dari sumber keislaman, dalam hadisnya Rasulullah SAW menjelaskan, di antara sepuluh hari itu terdapat satu malam yang apabila seseorang beribadah, maka pahalanya sama dengan beribadah selama seribu bulan. Itulah mengapa Malam Lailatul Qadar disebut juga sebagai malam seribu bulan.

Rasulullah SAW sendiri bersabda yang isinya menganjurkan umat Muslim untuk mencari Lailatul Qadar.

“Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya,” HR. Bukhari.


komentar (0)