logo rilis

Kantuk Saat Jam Sibuk, Ini 5 Cara Mengatasinya 
Kontributor
Ibrahim
03 Mei 2018, 13:40 WIB
Kantuk Saat Jam Sibuk, Ini 5 Cara Mengatasinya 

RILIS.ID, Jakarta— Kantuk bukan hanya dirasakan oleh mereka yang memiliki kebiasaaan begadang. Begitu juga bagi mereka yang melakukan konsumsi makan berlebihan atau sedang mengalami kondisi tubuh yang benar-benar lelah sehingga perlu mengistirahatkan tubuh.

Bahkan, faktor ekstrernal pun turut juga berperan. Dalam hal ini seperti cuaca yang mendung, angin yang berhembus sepoi-sepoi dan lain-lain. Hal tersebut dapat dialami oleh semua orang.

Salah satu hal yang paling menyebalkan yaitu saat gejala kantuk melanda di jam-jam sibuk. Lalu, apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk menangani hal berikut?

1. Menghirup udara segar di luar ruangan sejenak

Udara bebas diluar ruangan, seringkali memberikan dampak yang menyegarkan bagi tubuh. Oksigen yang bertebaran diluar sana, dapat membuat badan kita menjadi lebih rileks dan juga dapat meminimalisir rasa kantuk yang melanda.

Jika ruangan anda terdapat jendela, cobalah untuk membukanya dengan lebar dan rasakan sensasi udaranya.

2. Mencuci muka membuat wajah segar

Salah satu sifat air yaitu dapat memberikan kesegaran. Saat rasa kantuk melanda, segeralah lakukan cuci muka agar wajah terlihat lebih segar.

3. Mengkonsumsi buah yang memiliki rasa asam

Hati-hati bagi penderita penyakit maag. Karena jika buah terlalu asam, maka akan mengganggu kestabilan asam lambung. Banyak sekali buah-buahan yang bisa mengurangi gejala ngantuk, diantaranya yaitu jeruk, mangga muda, kedongdong dan lainnya.

4. Minum Kopi

Meskipun banyak orang yang tak percaya bahwa kopi dapat dijadikan sebagai teman begadang. Namun, kandungan kopi yang mengandung kafein dapat mengurangi rasa ngantuk yang melanda seseorang. Tak heran, jika seduhan kopi dikatakan sebagai teman sejati untuk begadang.

5. Tidur sejenak

Jika memang sudah tidak bisa tertahankan, tidurlah sejenak. Atur waktu pengingat seperti alarm untuk membangunkan diri anda. 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)