logo rilis
Kajian Sementara, Jembatan Widang Ambruk karena Hal Ini
Kontributor
Budi Prasetyo
19 April 2018, 15:41 WIB
Kajian Sementara, Jembatan Widang Ambruk karena Hal Ini
Jembatan Widang di perbatasan Tuban-Lamongan yang ambruk. FOTO: RILIS.ID/Budi Prasetyo

RILIS.ID, Surabaya— Salah satu penyebab jembatan Widang, perbatasan Tuban-Lamongan, Jawa Timur, ambruk diduga karena kelebihan beban kendaraan. Diduga, kendaraan yang melewati jembatan itu kelebihan  muatan, sehingga jembatan ambles.

"Kemarin, waktu dihitung beban jembatan kan maksimal 1 ton untuk satu meter persegi, kalau kendaraan yang lewat kan sudah di atas 50 ton," kata Pejabat Pembuat Komitmen Satker Lamongan-Tuban Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) VIII Tugiman ketika dikonfirmasi pada Kamis (19/4/2018).

Dia mengatakan, untuk mengetahui penyebab pastinya ambruknya jembatan, pihaknya sudah menggandeng tim dari ITS untuk melakukan kajian.

"Kalau penyebab pastinya memang masih dikaji, tunggu selesai," katanya lagi.

Tugiman menjelaskan, jembatan yang ambruk merupakan bentang ketiga sepanjang 50 meter. Total panjang jembatan mencapai 260 meter.

"Pada tahun 2017 lalu memang pernah terjadi kerusakan bautnya, tetapi sudah diperbaiki dan tidak ada masalah. Sebenarnya perbaikan jembatan itu sudah ditekan pada 4 April. Tetapi, baru rapat, sudah dengar kalau ambles," katanya. 

Sekadar diketahui, jembatan Widang di perbatasan Lamongan-Tuban ambruk dua hari lalu. Akibatnya, satu orang tewas dan satu lainnya mengalami luka berat.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)