logo rilis
Kabar Baik, UMKM Perorangan Dapat Dana Bergulir
Kontributor
Elvi R
04 Mei 2018, 17:00 WIB
Kabar Baik, UMKM Perorangan Dapat Dana Bergulir
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih dihimpit beban permodalan sebagai masalah utama. Masalah lainnya kesulitan pemasaran, dan kurangnya keahlian.

Menurut Anggota DPR RI Eka Sastra, triliunan dana telah dialokasikan oleh pemerintah untuk mendorong tumbuhnya UMKM, seperti Penyertaan Modal Negara (PMN) yang disuntikan sebagai modal kepada Badan Usaha Milik Negara.

Alokasi dana lainnya berupa program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa diakses melalui sejumlah Bank BUMN sebagai modal usaha bagi UMKM.

Organisasi ekonomi seperti koperasi juga bisa mendapatkan modal usaha dengan bunga rendah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

“Kabar baiknya lagi, dalam waktu tidak lama lagi, UKM perorangan juga bisa mendapatkan dana bergulir dengan nilai awal Rp50 juta dengan mekanisme yang lebih longgar,” kata Eka Sastra yang ditemui di ruang kerjanya, di Kompleks DPR Senayan Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Kebijakan ini segera diluncurkan oleh LPDB. "Mengenai waktunya bisa dikonfirmasi langsung ke humasnya," ujarnya.

Eka percaya, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla melalui program nawacita, terus berupaya agar UMKM dan Koperasi tumbuh produktif.

UMKM diharapkan tidak lagi menjadi pelaku ekonomi yang terpinggirkan, tapi bangkit setara dengan dukungan pendanaan, kompetensi sumber daya manusia dan dukungan teknologi.


500
komentar (0)