logo rilis
Juara Indonesian Idol dari Masa ke Masa: Didominasi Orang Sumut
Kontributor
Ning Triasih
24 April 2018, 17:06 WIB
Juara Indonesian Idol dari Masa ke Masa: Didominasi Orang Sumut
FOTO: Instagram/@indonesianidolid

RILIS.ID, Jakarta— Ajang Indonesian Idol dari tahun ke tahun telah menelurkan para bintang bersuara emas. Terbaru, terpilih Maria Simorangkir asal Medan, Sumatera Utara (Sumut) sebagai juara Indonesian Idol 2018.

Rupanya, Maria bukanlah satu-satunya finalis asal Sumut yang memenangkan ajang bergengsi pencarian bakat menyanyi tersebut. Bisa dibilang, juara Indonesian Idol dari season pertama (2004) hingga kesembilan (2018) didominasi peserta dari Medan.

Tidak percaya? Berikut rilis.id himpun dari berbagai sumber deretan pemenang Indonesian Idol asal Sumut.

1. Joy Tobing

Pertama kalinya digelar pada 2004 silam, Indonesian Idol memilih Joy Tobing, wanita berdarah Batak, Sumut yang juga merupakan penyanyi rohani Kristen sebagai juara. Joy Tobing berhasil mengalahkan Delon Thamrin di babak final.

Beberapa tahun setelah kemenangannya, Wanita kelahiran Jakarta, 20 Maret 1980 itu datang dengan kisah hidup yang penuh kontroversi. Joy menikah dengan Daniel Sinambela namun tak direstui orang tuanya. Pada 23 Maret 2010, ia dan sang suami ditangkap polisi atas tuduhan perzinaan. Kemudian pada 21 Januari 2011, suaminya kembali dipanggil aparat berwajib dengan tuduhan penipuan.

 

2. Ihsan Tarore

Pemenang Indonesin Idol berdarah Batak berikutnya adalah Ihsan Tarore. Ia menjuarai Indonesian Idol musim ketiga pada 2006, saat usianya 21 tahun.

 

Semenjak memenangkan kontes tersebut, pria kelahiran Medan, 20 Agustus 1989 ini justru terkenal lewat dunia akting. Ihsan telah membintangi sejumlah film layar lebar, mulai dari Mengaku Rasul, JK, Sang Pencerah, Mati Muda di Pelukan Janda, 9 Summers 10 Autumns, hingga Bait Surau. Selain film bioskop, ia juga cukup eksis membintangi FTV.

3. Rinni Wulandari

Rinni Wulandari adalah juara Indonesian Idol musim keempat pada 2007. Rinni lahir di Medan, 28 April 1990. Bakat menyanyinya mulai tampak sejak ia kecil yang rupanya diturunkan dari sang ibu, seorang penyanyi jazz dan vokalis grup band bernama Quintana. 

 

Di penghujung 2007, Rinni merilis single perdananya bertajuk Aku Tetap Milikmu, diikuti single keduanya, Aku Bukan Boneka. 

4. Nowela Elisabeth Auparay

Nowela Elisabeth Mikhelia Auparay merupakan juara Indonesian Idol musim kedelapan pada 2014. Nowela lahir di Wamena, 19 Desember 1987. Ayahnya berasal dari Papua, sedangkan ibunya berdarah Batak, bermarga Sinaga.

 

Wanita berdarah Batak-Papua ini mengikuti audisi Indonesian Idol melalui Bus Audisi Purwokerto dan berhasil lolos ke Jakarta setelah melewati proses audisi utama di Bandung. Setelah serangkaian tahap seleksi, ia berhasil melaju ke babak spektakuler, hingga akhirnya menjadi pemenang setelah menyisihkan Husein Alatas.

5. Maria Simorangkir

Maria berhasil mengalahkan Ahmad Abdul, lawannya dari Bali pada malam 'Grand Final, Result and Reunion Indonesian Idol 2018' yang digelar Senin (23/4) malam. Kemenangan Maria diperoleh atas hasil poling dari masyarakat Indonesia.

 

Gadis kelahiran Medan, 7 Oktober 2001 ini tampil memukau membawkan lagu Destiny's Child "Stand Up For Love". Penampilannya sukses mencuri perhatian para juri, terlebih saat ia menyanyikan lagu tersebut dengan nada tinggi.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)