logo rilis
Jual Cewek via 'Whatsapp', Mucikari Asal Surabaya Diamankan Polisi
Kontributor
Budi Prasetyo
10 Mei 2018, 00:10 WIB
Jual Cewek via 'Whatsapp', Mucikari Asal Surabaya Diamankan Polisi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Kepolisian Daerah Jawa Timur mengamankan seorang wanita berinisial Y yang diduga berperan sebagai muncikari dari praktik prostitusi berbasis daring atau online

Y berhasil diamankan usai polisi mengamankan seorang wanita berinisial AI dan YII yang sedang berkencan di sebuah hotel kawasan Ngagel, Surabaya. 

"Setelah kami melakukan pengintaian ternyata dia menerima pesanan dari Y ini melalui aplikasi Whatsapp. Kemudian langsung kami tangkap," ungkap Wadirkrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara, Kamis (10/5/2018).

Menurut Arman, Y diperkirakan memiliki anah buah yang berusia antara 20 sampai 30 tahun dan beroperasi di tujuh provinsi, termasuk beberapa kota besar seperti Surabaya dan Denpasar. 

Tersangka Y, juga pernah ditangkap oleh Polrestabes Surabaya atas kasus yang sama tiga tahun lalu. 

"Si Y ini, operasinya sekarang di tujuh provinsi salah satunya di Surabaya dan Denpasar. Dia ini sudah pernah ditangkap Polrestabes Surabaya tiga tahun lalu," tambahnya.

Jaringan prostitusi Y, lanjut Arman, merupakan kelas menengah ke atas. Bahkan, Y pernah menjual wanita dari kalangan model, dengan tarif sekitar Rp1,5 juta sampai Rp2 juta. Dari jumlah yang didapat tadi, Y memotong sekitar 35 persen.

"Dari praktek itu, omset yang diperoleh Y mencapai ratusan juta rupiah," jelasnya.

Modus yang digunakan untuk transaksi, tambah Arman, tergolong sudah lama. Y menawarkan wanita dengan terlebih dahulu mengirimkan foto melalui aplikasi whatsapp tersebut.

Atas perbuatannya, Y dijerat Pasal 27 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dengan ancaman hukumam 6 tahun penjara dan denda Rp1 milliar.

Editor: Kurniati


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)