logo rilis
Jonan Minta Pemda Proaktif Kelola PLTSa
Kontributor

03 April 2018, 17:53 WIB
Jonan Minta Pemda Proaktif Kelola PLTSa
FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) lebih proaktif dalam rangka upaya mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Dalam informasi yang dihimpun dari Kementerian ESDM di Jakarta, Selasa (3/4/2018), Jonan menilai Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki peran penting dan tanggung jawab dalam pengelolaan sampah kota, termasuk mendorong agar pembangunan PLTSa bisa lebih masif.

Seringkali Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyampaikan bahwa pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan target bauran sebesar 23 persen pada tahun 2025 merupakan komitmen Pemerintah yang juga tertuang dalam Paris Agreement tahun 2015.

Sampah kota yang dapat diolah menjadi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) juga merupakan bagian dari pengembangan EBT.

Selain itu, Menteri Jonan juga menyampaikan bahwa konsep pengelolaan energi saat ini telah berubah bahwa energi tidak lagi hanya sebagai komoditas semata namun sebagai modal pembangunan.

"Peran energi sekarang itu bukan hanya komoditas, tapi sebagai modal pembangunan," urai Jonan.

Jonan menjelaskan proyeksi kebutuhan listrik nasional semakin meningkat dari tahun ke tahun. "Dalam 10 tahun, konsumsi listrik per kapita naik dua kali lipat," ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah berkomitmen mendorong rasio elektrifikasi nasional sebesar 100 persen dan menargetkan bauran energi berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) di tahun 2025 mencapai 23 persen.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)