logo rilis
Jokowi Tunggu Proses DPR untuk Lantik Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI
Kontributor
Sukma Alam
07 Desember 2017, 14:41 WIB
Jokowi Tunggu Proses DPR untuk Lantik Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI
Presiden Joko Widodo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum dapat memastikan kapan akan melantik KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Mantan gubernur DKI itu menyatakan masih menunggu proses di DPR benar-benar selesai dan ada surat resmi.

"Saya menunggu proses yang ada di DPR. Ya, selesai di sanapun harus ada surat resmi yang harus kami terima," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/12/2017).

"Kita menunggu selesai proses semuanya di DPR. Ditanyakan saja ke sana kok tanya ke saya," tambahnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta pendalaman visi-misi, kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyari.

"Setelah Komisi I DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta mendengarkan pandangan fraksi-fraksi maka Komisi I DPR memberikan persetujuan sebagai Panglima TNI," kata Abdul Kharis di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (6/12) kemarin.

Dia mengatakan, Hadi dinilai memiliki rekam jejak yang mumpuni sehingga memenuhi syarat dan kecakapan sebagai Panglima TNI.

Politikus PKS itu menjelaskan, ada beberapa poin yang disoroti dalam uji kelayakan tersebut yaktu kepemimpinan, profesionalitas, integritas, dan mampu menjaga serta merawat NKRI.

"Proses uji kelayakan yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu pemeriksaan administrasi, pemaparan visi-misi, pendalaman visi-misi dan pengambilan keputusan," ujarnya.

Sumber: Antara


#Hadi Tjahjanto
#Panglima TNI
#Jokowi
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)