logo rilis
Jokowi: sampai Kiamat Indonesia Tetap Bersatu
Kontributor
Sukma Alam
12 Mei 2018, 03:34 WIB
Jokowi: sampai Kiamat Indonesia Tetap Bersatu
Ilustrasi: RILIS.ID/Fafidz Faza

RILIS.ID, Cilegon— Presiden RI, Joko Widodo, mengajak masyarakat untuk menyadari keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan bangsa Indonesia. Menurutnya, hal tersebut menjadi contoh dan penguat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Insya Allah sampai kiamat kita bersatu dalam NKRI," kata Jokowi di Cilegon, Jumat.

Jokowi mengatakan, saat ini jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai sekitar 263 juta jiwa yang merupakan jumlah yang besar dan tersebar di 17 ribu pulau di Nusantara. 

Indonesia juga memiliki sekitar 714 suku yang berbeda dengan 1100 lebih bahasa daerah, 415 kabupaten/kota dan terbagi dalam 34 provinsi.

Betapa negara ini negara yang sangat besar, Indonesia yang sangat besar yang kadang kita tidak sadari, suku bangsa yang berbeda, agama berbeda, bahasa yang berbeda. Di Banten saja ada beberapa bahasa, itu baru di satu provinsi, dari Miangas sampai pulau Rote berbeda-beda," katanya.

Karena itu, Indonesia yang sangat besar dan beragam tersebut hendaknnya dijadikan sebuah kekuatan yang terus terjaga dengan baik untuk Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bahkan, kata dia, saat ini Indonesia dijadikan sebagai contoh dengan suku agama dan bahasa daerah yang berbeda, tetapi tetap dalam bingkai NKRI.

"Kita diminta menjadi mediator di Afganistan yang sudah berlangsung 40 tahun perang saudara yang tak selesai selesai. Itu hanya , tujuh suku di Afganistan, kita ada 714 suku dan Alhamdulillah sampai saat ini tetap aman," katanya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)