logo rilis
Jokowi: Persaingan Kekuatan Besar Tantangan Pertumbuhan Ekonomi
Kontributor
Syahrain F.
28 April 2018, 22:07 WIB
Jokowi: Persaingan Kekuatan Besar Tantangan Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Jokow bersama sejumlah pemimpin negara ASEAN berfoto pada pertemuan IMT-GT ke-11 di Banyan Room, Hotel Shangri-La, Singapura, Sabtu (28/4/2018). FOTO: Dok. Biro Setpres

RILIS.ID, Singapura— Memasuki 25 tahun kerja sama antara Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), sejumlah capaian penting berhasil diraih ketiga negara. 

Mulai dari pertumbuhan ekonomi pada 2016 yang mencapai angka 4,4 persen hingga GDP per kapita penduduk di wilayah IMT-GT yang mencatatkan nilai US$14.557 pada tahun 2016 dari sebelumnya US$11.508 pada tahun 2011.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Pertemuan IMT-GT ke-11 di Banyan Room, Hotel Shangri-La, Singapura, Sabtu (28/4/2018).

Dari sisi konektivitas udara, jumlah bandara internasional di kawasan IMT-GT meningkat hingga tiga kali lipat dari sembilan bandara pada tahun 1995 menjadi 28 bandara internasional saat ini. 

Meskipun demikian, Jokowi mengingatkan masih banyak tantangan berat yang dihadapi di kawasan ini.

"Kawasan dan dunia saat ini masih dihantui oleh ketidakpastian akibat persaingan antara kekuatan-kekuatan besar hingga perang dagang yang telah ada di depan mata," ujar Presiden Jokowi. 

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengajak para negara pendiri ASEAN tersebut untuk menjadikan IMT-GT sebagai kerangka kerja sama yang memberikan kontribusi nyata bagi penguatan ASEAN. 

"Kita harus sama-sama pastikan kerja sama ini membawa manfaat konkret dan inklusif bagi rakyat kita juga bagi rakyat ASEAN, " ucap Presiden Jokowi. 

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)