logo rilis

Jokowi-Ma'ruf Lebih Banyak Direspons Positif ketimbang Prabowo-Sandi di Medsos
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Februari 2019, 18:00 WIB
Jokowi-Ma'ruf Lebih Banyak Direspons Positif ketimbang Prabowo-Sandi di Medsos
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin mengungguli paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam persepsi di media sosial (medsos). Jokowi-Ma'ruf mendapatkan respons positif lebih banyak dari Prabowo-Sandi di medsos. 

Hal itu berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh tim G-Communications (G-Comm) selama periode 1-31 Januari 2019. Dari riset itu, kata kunci Jokowi-Ma'ruf di pemberitaan yang paling banyak dibagikan di media sosial dengan positif 84 persen dan negatif hanya 16 persen. 

Sementara Prabowo-Sandi mendapat tone positif 77 persen dan negatif 23 persen.

"Dari hasil riset yang kami lakukan selama bulan Januari memang menunjukan isu-isu negatif yang disebarkan tim pemenangan pasangan Prabowo-Sandi, selain informasi hoaks dan rasa pesimis Prabowo, masyarakat di media sosial juga merasa visi-misi Prabowo tidak jelas saat debat perdana," kata Direktur G-Comm, Andi Irman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, (11/2/2019).

Andi mengatakan, isu lainnya yang mencuat di kubu Prabowo-Sandi adalah terkait keterlibatan mantan Danjen Kopassus itu pada kasus HAM dan menyetujui mantan koruptor jadi calon anggota legislatif.

Menurut Andi, di periode yang bersamaan yakni selama Januari 2019, elektabilitas Jokowi-Maruf masih unggul dengan beberapa tren isu yang ramai diperbincangkan di medsos.

"Selama periode Januari 2019 terhitung sejak tanggal 1 sampai 31, hasil riset menunjukan jumlah berita atau artikel yang dibagikan di kanal Facebook dan Twitter dengan kata kunci Jokowi-Maruf mencapai 4.314 berita/artikel yang tersebar. Dari jumlah ini mendapatkan jumlah share sebanyak 2.518.472 dengan rata-rata share per artikel sebanyak 584," jelas Andi.

Sebagai informasi, G-Communications (G-Comm) adalah lembaga konsultan yang bergerak dalam bidang komunikasi publik meliputi public relations, social media management, media content management dan research management.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID