logo rilis
Jokowi Layak Copot Jaksa Agung
Kontributor
RILIS.ID
12 Maret 2018, 10:36 WIB
Jokowi Layak Copot Jaksa Agung
FOTO: facebook

Oleh Andrianto SIP
Aktivis Prodemokrasi 

PEMERINTAH sudah berjalan tiga tahun ini tanpa sebuah prestasi yang menakjubkan. Boleh dibilang hasilnya rata-rata atau under perfomance.

Hal ini dirasakan rakyat yang berharap akan adanya perubahan dan salah satu yang  jadi tolak ukurnya antara lain kinerja Kejaksaan Agung yang jauh dari harapan. Kalau dinilai, poinnya paling jeblok.

Dalam survei terakhir dari lembaga SMRC, Poltracking dan Indo Barometer tingkat kepuasaan publik di sektor hukum hanya di angka 40 persen. Hampir sama dengan tingkat kepuasaan ekonomi yang di angka 45 persen. Padahal sektor hukum ini jadi aplikatif dalam menilai kinerja pemerintahan keseluruhan.

Jelaslah kinerja jeblok Muhammad Prasetyo yang sebelum diangkat jadi jaksa agung adalah anggota DPR dari Partai Nasdem. Padahal Jokowi berjanji tertuang dalam Nawa Cita untuk menunjuk seorang jaksa agung dari profesional alias nonparpol.  Nyatanya kader Partai Nasdem yakni Presetyo yang didapuk jadi jaksa agung.

Banyak kinerja Prasetyo yang payah antara lain tidak jelasnya pemberantasan korupsi dan hukuman mati gembong narkoba yang tertunda terus. Publik mensinyalir Prasetyo bermain dalam wilayah politis.

Juga banyak langkah-langkahnya tercium dalam irama kepentingan politis. Wajar bila Trimedya Panjaitan, Wakil Ketua Komisi III DPR meminta Jokowi segera mencopot Prasetyo.

Semestinya di akhir pemerintahan yang tersisa ini alangkah baiknya Jokowi kembali ke Nawa Cita untuk kembalikan jaksa agung ke figur profesional yang berkerja tidak partisan.

Bila saja ini dipenuhi, semoga saja publik kembali simpati dan meningkatkan elektabilitas Jokowi yang menurut survei mutakhir sangat rawan sebagai petahana.
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)