logo rilis
Jokowi Klaim Pemerintah Berpihak pada Wong Cilik
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
16 Agustus 2018, 11:35 WIB
Jokowi Klaim Pemerintah Berpihak pada Wong Cilik
Presiden Jokowi beserta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur NTB TGB berdialog dengan warga. FOTO: Humas PUPR

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo mengklaim pemerintahannya terus memberikan perhatian kepada masyarakat kecil alias wong cilik. Termasuk, katanya, memberikan fokus dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pemerintah tidak hanya memperhatikan usaha yang besar-besar saja, tapi juga fokus pada UMKM dan 40 persen lapisan masyarakat terbawah," katanya dalam pidato kenegaraannya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Sejumlah upaya, ujar Jokowi, telah dilakukannya untuk menyasar 40 persen masyarakat yang berada di lapisan bawah. Salah satunya dengan menjalankan program Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial.

"Serta peningkatan akses permodalan bagi usaha ultra mikro, usaha mikro, dan usaha kecil," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, dirinya juga telah menurunkan tarif pajak final UMKM menjadi 0,5 persen. Termasuk penajaman KUR yang bisa dinikmati 12,3 juta UMKM.

Pemerintah, imbuh Jokowi, juga telah memberikan jaminan perlindungan sosial dan bekerja menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok sebagai bukti keberpihakannya kepada masyarakat kecil. Termasuk menyalurkan Program Keluarga Harapan kepada 10 juta penerima manfaat.

"Kemudian mereformasi sistem bantuan pangan menjadi program bantuan non-tunai, agar lebih tepat sasaran, dan cakupannya akan ditingkatkan menjadi 15,6 juta penerima manfaat pada tahun 2019," lanjut Jokowi.

"Dengan kerja nyata, Rasio Gini sebagai indikator ketimpangan pendapatan terus kita turunkan, yang saat ini berhasil kita turunkan dari 0,406 menjadi 0,389," pungkasnya. 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)