logo rilis

Jokowi: Kerja Sama Maritim Adalah Kunci Utama Kemitraan ASEAN-India
Kontributor
Sukma Alam
15 November 2018, 13:15 WIB
Jokowi: Kerja Sama Maritim Adalah Kunci Utama Kemitraan ASEAN-India
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Singapura— Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membahas peningkatan kerja sama maritim untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan stabilitas saat jamuan pagi KTT ASEAN-India di Singapura.

"Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita," kata Jokowi di Pusat Konvensi Suntec, Singapura, Kamis (15/11/2018).

Jokowi menambahkan negara-negara di kawasan diharapkan tidak mengedepankan persaingan di sektor maritim.

"Indonesia, ASEAN dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut dan meningkatkan keamanan maritim," katanya.

Selain itu, melalui konsep kerja sama Indo-Pasifik diharapkan kemitraan ASEAN dengan India akan semakin menguat.

"ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan ASEAN-India dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan," kata Jokowi dilansir Antara.

Dalam pertemuan itu, Perdana Menteri India Narendra Modi turut hadir bersama sejumlah kepala negara maupun pemerintahan negara-negara anggota ASEAN. Menurut Presiden, harapan tersebut bisa dicapai melalui penguatan kawasan Indo-Pasifik dengan mengedepankan kerja sama, konektivitas serta pembangunan berkelanjutan di sektor maritim.

 

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)