logo rilis
Jokowi: Kami Tidak Hanya Bangun Ekonomi, tapi Pemerataan
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
13 April 2019, 21:10 WIB
Jokowi: Kami Tidak Hanya Bangun Ekonomi, tapi Pemerataan
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratma

RILIS.ID, Jakarta— Capres nomor urut 01, Joko Widodo, mengatakan, selama ini dirinya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak hanya bertumpu untuk membangun perekonomian selama memimpin pemerintahan. Lebih dari itu, menurut Jokowi, dirinya juga fokus dalam membangun pemerataan. 

"Karena pertumbuhan ekonomi tanpa pemerataan akan menyebabkan ketidakadilan," katanya dalam debat Pilpres 2019 kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). 

Capres petahana itu menegaskan, pembangunan infrastruktur adalah salah satu upaya untuk membangun pemerataan. Karena, menurutnya, pembangunan infrastruktur di masa pemerintahannya merata hingga ke berbagai wilayah di Indonesia. 

"Kami membangun infrastruktur tidak jawasentris. Agar muncul titik-titik ekonomi baru di luar Jawa," ujarnya. 

Tak hanya itu, pemerintah selama ini juga telah berupaya untuk membangun kemandirian nasional. Hal itu, menurutnya, terbukti dengan diambilalihnya Blok Mahakam, Blok Rokandan dan PT Freeport dari asing.

"Kemandirian ini sangat penting sekali, karena dengan kemandirian, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan bisa kita lakukan," tegasnya. 

Untuk bidang kesejahteraan sosial, ungkap Jokowi, pihaknya saat ini telah mempersiapkan sejumlah program, salah satunya dengan mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar, Kartu Prakerja dan Kartu Sembako Murah. 

"Kami mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar dengan harapan anak-anak kurang mampu bisa sekolah sampai pendidikan tinggi. Kemudain ada Kartu Pra-Kerja untuk memberikan pelatihan-pelatihan bagi anak-anak lulusan SMA SMP. Mereka diberi pelatihan hingga ke luar negeri. Dan terakhir kami juga mengeluarkan Kartu Sembako Murah," paparnya. 

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID