logo rilis

Jokowi, Cocok dengan Siapa?
Kontributor
Nailin In Saroh
13 Maret 2018, 16:01 WIB
Jokowi, Cocok dengan Siapa?
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan membentuk tim pencari calon wakil presiden (cawapres) untuk menjadi pendampingnya di kontestasi Pemilihan Presiden 2019 mendatang. 

Di tengah munculnya sejumlah nama calon alternatif dari partai politik, seperti Romahurmuziy, Muhaimin Iskandar hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharja Jati menilai, sosok yang selama ini disodorkan Parpol belum dianggap mampu mengimbangi Jokowi. 

Menariknya, dua srikandi di kabinet kerja justru digadang-gadang mumpuni mengambil posisi cawapres. Yakni, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Selama ini sosok cawapres yang berseliweran di media adalah sosok yang sudah teruji prestasi dan kemampuan di pemerintahan. Misalnya Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti. Itu kan masyarakat melihat sisi lain daripada sisi politis," ujar Wasisto kepada rilis.id di Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Kemunculan nama menteri tersebut, menurutnya, menambah kultur baru di Pilpres 2019. Artinya, akan ada duet Jokowi bersama teknokrat murni dari pemerintahan yang tak melulu dipasangkan dengan partai politik koalisi.

"Selain itu muncul sosok militer, agamawan, ini kan sosok yang dicalonkan partai politik tertentu. Artinya, pemilu ke depan pertarungan sosok yang pakem antara Jawa-luar Jawa, sipil-militer, dan alternatif yang menjadi patokan adalah politisi-teknokrat," terang Wasisto.  

"Apakah nanti pilpres masih bergerak dengan pola lama? Dengan mengusung sipil-militer atau sudah berubah menjadi politisi-teknokrat, politisi-militer atau politisi-tokoh masyarakat?" tandasnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)