logo rilis

Jokowi Bantah Revolusi Industri Bakal Kurangi 800 Juta Lapangan Kerja
Kontributor

04 April 2018, 14:28 WIB
Jokowi Bantah Revolusi Industri Bakal Kurangi 800 Juta Lapangan Kerja
FOTO: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak percaya prediksi McKanzie Global Institute yang menyatakan Revolusi Industri 4.0 akan menghilangkan 800 juta lapangan kerja sekarang sampai 2030, karena diambil alih oleh robot dan mesin. Ia optimistis bahwa dampak dari revolusi Industri 4.0 akan 3000 kali lipat, dibandingkan 200 tahun yang lalu.

“Kalau yang ini saya enggak percaya, enggak percaya kalau yang ini. Kalau yang pesimis-pesimis itu saya enggak percaya atau paling enggak rada enggak percaya,” kata Jokowi saat meluncurkan Making Indonesia 4.0 yang merupakan roadmap atau peta jalan mengenai strategi Indonesia dalam implementasi memasuki Industri 4.0 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (4/4/2018) pagi.

Bahkan, presiden percaya revolusi Industri 4.0 akan melahirkan lebih banyak lapangan kerja baru daripada jumlah lapangan kerja yang hilang. “Artinya apa? Apakah revolusi Industri 4.0 ini sebuah peluang besar? Jawaban saya, ya kalau kita mempersiapkan, kalau kita merencanakan dan bisa mengantisipasi ini,” tegasnya.

Untuk itu, Jokowi sangat mengapresiasi Kementerian Perindustrian yang dengan sangat sigap dan serius mempersiapkan roadmap implementasi Industri 4.0 di Indonesia, yang nantinya akan lebih dikenal dengan Making Indonesia 4.0.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)