logo rilis
Jokowi Akan Lantik 781 Capaja TNI-Polri Pekan Depan
Kontributor
Zulyahmin
11 Juli 2019, 12:26 WIB
Jokowi Akan Lantik 781 Capaja TNI-Polri Pekan Depan

RILIS.ID, Jakarta— Presiden Joko Widodo akan melantik sebanyak 781 calon perwira remaja (Capaja) TNI-Polri tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (16/7/2019) pekan depan. 

"Insyaallah lima hari lagi kalian akan dilantik Presiden RI," kata Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Laksdya TNI Aan Kurnia saat memberikan pembekalan kepada Capaja TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta (11/7/2019) Kamis.

Komposisi jumlah calon perwira TNI dan Polri yang akan dilantik yakni dari Akmil berjumlah 259 dengan komposisi putra 244 dan putri 15. Kemudian Akademi Angkatan Laut (AAL) putra 103 putri 14 dengan jumlah 117. 

Kemudian dari Akademi Angkatan Udara (AAU) putra 90, putri 9 dengan jumlah 99 dan Akademi Kepolisian (Akpol) putra 256, putri 50 dengan jumlah 306. Sedangkan jumlah keseluruhan adalah 781.

Dalam pembekalan itu, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia juga meminta kepada para Capaja TNI-Polri untuk mulai memiliki visi jauh ke depan. Hal itu, menurutnya, sebagai panduan dalam menjalani tugas-tugas dengan baik. 
 
"Ini kalian sendiri yang tahu. Jalani rute yang akan kalian pilih. Percayalah pada proses. Kalian harus yakin dengan bekal yang kalian dapat selama empat tahun di akademi. Kalian sudah dibekali untuk menjadi perwira TNI maupun perwira Polri. Kalian harus selalu dalam koridor aturan. Semua harus bercita-cita untuk menjadi yang tetinggi. Kalian semua harus sukses," ujar Aan. 

Dia menilai, sumber daya manusia adalah komponen yang paling penting dalam setiap organisasi, termasuk di TNI maupun Polri. 

"Sehebat apapun alutsista, kalau kalian tidak kompeten ya percuma. Tanpa SDM yang kompeten, alutsista secanggih apapun tidak akan berfungsi baik," lanjutnya  

Selain Danjen Akademi, pembekalan juga disampaikan oleh Kalemdiklatpol Komisaris Jendral Polisi Arief Sulistyanto.

Prasetya perwira TNI dan pelantikan perwira Polri 2019 adalah upacara penyumpahan dan pelantikan perwira TNI dan Polri, lulusan dari Akmil, AAU, AAL dan Akademi Kepolisian. Presiden Jokowi dalam kesempatan itu nantinya akan bertindak selaku inspektur upacara. 

Dalam pelantikan nanti, juga ada acara tambahan antara lain fly pass pesawat tempur TNI Angkatan Udara dan acara cellebration taruna Akmil, AAL, AAU dan Akpol di hadapan Presiden Jokowi dan para undangan. 

Editor: Sukma Alam




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID